Bahasan Bahasa Indonesia

Halaman:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103   


Soal :Bahasa Indonesia/UAN 2005/No.33

Aku memiliki tanah yang luas.
Aku akan menanami kebunnya dengan pohon durian.
Kedua kalimat tunggal di atas dapat dijadikan sebuah kalimat majemuk dengan memakai kata penghubung ........

Bahasan:
Aku memiliki tanah yang luas.
Aku akan menanami kebunnya dengan pohon durian.
Kata penghubung yang tepat untuk dijadikan sebuah kalimat majemuk:
Seandainya aku memiliki tanah yang luas, akan kutanami kebunnya dengan pohon durian.

Comments:

Nur Rahma Amriani, 27 Apr 2013:
bukannya karena yaa ...
ko jadi A sih ( seandainya )
Like ( 2)
Nur Rahma Amriani, 27 Apr 2013:
aku ga ngerti deeh ...
kasih penjelasannya dong ...
Like ( 1)
Elsea Pricilia, 28 Apr 2013:
Masih nggak ngerti....
bingung tingkat dewa .........

Like ( 0)
Nur Rahma Amriani, 29 Apr 2013:
@ Elsea Pricilia, iya nih ga ngerti .....
maaf bukannya SKSD ( so kenal so deket ) ....

Like ( 0)
faranisa.s, 04 May 2013:

aku gak ngerti deh................

Like ( 0)
Daffa, 04 May 2013:
benar A karena seandainya itu didepan Like ( 4)
orang, 05 May 2013:
@Daffa:
Iya, betul sih betul. Tapi kata penghubung kan diantara 2 kalimat, bkn di depan kalimat pertama
Like ( 0)
Dian karolin, 07 May 2013:

Bikin bingung aja

Like ( 0)
DESVIRA, 12 Mar 2014:
HARUSNYA ITU KARENA
Like ( 1)
Cheysia, 21 Apr 2014:
GAJE betul... mna ngeertii.. harusnya KARENA
Like ( 0)
lala, 10 May 2014:
kok? Like ( 0)
180.252.150.239, 20 Feb 2015:

Uuuhh.. Adminnya mana sih? ada yg  bisa jelasin gk? Aku masih bingung banget

 

Like ( 2)
Asas, 20 Feb 2015:
tanya ama gurumu donk.. Like ( 1)
Syafir Garega, 12 Apr 2015:
Bukannya karena ya? Like ( 0)
Lala, 16 May 2015:
Kan pertanyaannya Kata PENGHUBUNG bukan pelengkap kata pada awal kalimat,ini soalnya gak jelas,penyusunan kalimatnya juga tidak jelas seperti terbolak balik.
Like ( 0)
Lala, 16 May 2015:

Namanya kan kata penghubung itu di antara dua kalimat bukan pada awal kalimat

Like ( 0)
Ghaffar, 02 Jul 2015:

Kata pengubung kan sebuah kata yg bisa menghubungkan dua kalimat yang berbeda menjadi satu maksud. Kata hubung disebutnya konjungsi. Konjungsi ada banyak jenisnya seperti konjungsi perlawanan yaitu ( tetapi,namun, sedangkan ) ada juga konjungsi pemilihan yaitu ( atau ). Nah kata SEANDAINYA Itu Adalah konjungsi pengharapan atau keinginan, jadi biasanya ditaruh didepan kalimat. Nah setelah kedua kata itu digabung, di awal kalimat diberikan kata "seandainya" dan untuk pemisah dua kalimat itu diganti dengan tanda , (koma) untuk menggabungkan kedua kalimat. Kenapa bukan koma konjungsinya ? Karena koma adalah tanda baca.

 

Like ( 0)


Soal :Bahasa Indonesia/EBTANAS 1996/No.10

Kalimat berikut ini yang mengandung kata khusus adalah ...

Bahasan:

Kata Khusus adalah kata-kata yang pemakaiannya dan maknanya bersifat spesifik dan sempit dan yang merujuk kepada pengertian kongkret dan tertentu. Bidang, ruang lingkup, dan obyek yang dicakup oleh kata khusus itu sempit dan dia secara spesifik merujuk atau merepresentasikan bidang, ruang lingkup, atau obyek yang sempit, di samping juga hanya meliputi aspek tertentu saja.

Jenis kata khusus memiliki pertalian yang erat dengan obyeknya. Sebagai akibatnya, kata khusus memberi daya imajinasi kepada audiens atau pembaca. Citra dalam pikiran audiens/ pembaca tidak samar.

Komunikator lebih tepat menggunakan kata khusus bila ingin memperoleh pengertian yang lebih pas dengan apa yang dia maksudkan.

Contoh:

1. Ibu menanam pohon di halaman. (Kata Umum)
    Ibu menanam pohon Mangga di halaman. (Kata Khusus)

2. Andri memberikan bunga kepada Isti.  (Kata Umum)
    Andri memberikan Melati kepada Isti. (Kata Khusus)

3. Pak Budi membeli 10 ikan di pasar.  (Kata Umum)
    Pak Budi membeli 5 ekor Gurame, 3 ekor Mujaher, dan 2 ekor Nila di pasar. (Kata Khusus)
(Sumber: http://www.studycycle.net/2009/12/kata-umum-kata-khusus.html)

Comments:

echa matondang, 05 Apr 2013:
emmm...
contoh kata umum n kata khususnya bagus juga yaaahhh....
tpi di sini cuman ada 3 contoh doankkk...
sementara gue lagi nyari 5 contoh... :s
kasih gue 2 contoh lagi donkkk... :)
Like ( 5)
nabila, 13 Sep 2013:
contohnya bikin gua bingung yg punya gua bukan kya gtu !!!!!!
Like ( 2)
fannhy, 10 Oct 2013:
bagus, tpi contohx kurang !!!! tambainx tugasku masih baxknih!!!!!!!!
Like ( 1)
dita kecepian, 27 Mar 2014:
woi kagak jelas amet lu woy. gue anak semster akhir aja gak ngerti  coy Like ( 2)
Aqiella, 21 May 2014:
aneh aneh aja
Like ( 1)
Arif nax XTC, 21 Aug 2014:
Like ( 0)
Dewi, 24 Jun 2015:

Like ( 0)


Soal :Bahasa Indonesia/UAN 2003/No.48

Penyusunan kata yang benar secara alfabetis adalah ........

Bahasan:
Alfabetis adalah (tersusun) menurut abjad


Comments:

zahra, 28 Mar 2012:
ooo jadi alfabetis adalah tersusun menurut abjad...
Like ( 11)
180.214.232.65, 18 Nov 2013:
Bahaya
Cabang 
Karate
Situasi
Beladiri
Like ( 0)
mia, 02 Jun 2015:
ooo...
Like ( 0)


 
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103