Bahasan Bahasa Indonesia

Halaman:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103   


Soal :Bahasa Indonesia/EBTANAS 1996/No.10

Kalimat berikut ini yang mengandung kata khusus adalah ...

Bahasan:

Kata Khusus adalah kata-kata yang pemakaiannya dan maknanya bersifat spesifik dan sempit dan yang merujuk kepada pengertian kongkret dan tertentu. Bidang, ruang lingkup, dan obyek yang dicakup oleh kata khusus itu sempit dan dia secara spesifik merujuk atau merepresentasikan bidang, ruang lingkup, atau obyek yang sempit, di samping juga hanya meliputi aspek tertentu saja.

Jenis kata khusus memiliki pertalian yang erat dengan obyeknya. Sebagai akibatnya, kata khusus memberi daya imajinasi kepada audiens atau pembaca. Citra dalam pikiran audiens/ pembaca tidak samar.

Komunikator lebih tepat menggunakan kata khusus bila ingin memperoleh pengertian yang lebih pas dengan apa yang dia maksudkan.

Contoh:

1. Ibu menanam pohon di halaman. (Kata Umum)
    Ibu menanam pohon Mangga di halaman. (Kata Khusus)

2. Andri memberikan bunga kepada Isti.  (Kata Umum)
    Andri memberikan Melati kepada Isti. (Kata Khusus)

3. Pak Budi membeli 10 ikan di pasar.  (Kata Umum)
    Pak Budi membeli 5 ekor Gurame, 3 ekor Mujaher, dan 2 ekor Nila di pasar. (Kata Khusus)
(Sumber: http://www.studycycle.net/2009/12/kata-umum-kata-khusus.html)

Comments:

echa matondang, 05 Apr 2013:
emmm...
contoh kata umum n kata khususnya bagus juga yaaahhh....
tpi di sini cuman ada 3 contoh doankkk...
sementara gue lagi nyari 5 contoh... :s
kasih gue 2 contoh lagi donkkk... :)
Like ( 6)
nabila, 13 Sep 2013:
contohnya bikin gua bingung yg punya gua bukan kya gtu !!!!!!
Like ( 2)
fannhy, 10 Oct 2013:
bagus, tpi contohx kurang !!!! tambainx tugasku masih baxknih!!!!!!!!
Like ( 1)
dita kecepian, 27 Mar 2014:
woi kagak jelas amet lu woy. gue anak semster akhir aja gak ngerti  coy Like ( 2)
Aqiella, 21 May 2014:
aneh aneh aja
Like ( 1)
Arif nax XTC, 21 Aug 2014:
Like ( 0)
Dewi, 24 Jun 2015:

Like ( 0)
Hani, 19 Aug 2015:
arigatou :) Like ( 1)


Soal :Bahasa Indonesia/UAN 2008/No.5

Dahulu orang belum mengenal tulisan. Pada umumnya orang zaman dahulu masih buta huruf. Mereka menciptakan lambang-lambang untuk berkomunikasi. Toko-toko harus memasang lambang-lambang yang dikenal oleh setiap orang. Lambang-lambang itu dipasang di depan toko.
Apa ide pokok paragraf tersebut ........

Bahasan:
Belum ada

Comments:

Ananda Fitri, 02 May 2013:
Yah,,,aku salah (heheheheeeeee) Like ( 0)
lo, 05 May 2013:
lo harus nya jawaban nya a karena itu yg paling tepat Like ( 0)
vincentrocky, 16 Aug 2015:
maksudnya?????? Like ( 1)


Soal :Bahasa Indonesia/UAN 2003/No.48

Penyusunan kata yang benar secara alfabetis adalah ........

Bahasan:
Alfabetis adalah (tersusun) menurut abjad


Comments:

zahra, 28 Mar 2012:
ooo jadi alfabetis adalah tersusun menurut abjad...
Like ( 11)
180.214.232.65, 18 Nov 2013:
Bahaya
Cabang 
Karate
Situasi
Beladiri
Like ( 1)
mia, 02 Jun 2015:
ooo...
Like ( 1)
thifal, 11 Aug 2015:
haturnuhun,maturnuwun,matursuksema,terimakasih,thankyou,syukron,gracias,danke,merci,xiexie,salamat,spasibo,gamsa,kansha,faleminderit,hvala,shnorhakalut'yun({})Skrg saya mengerti

Like ( 0)
tai kotok, 11 Aug 2015:
Good job!!!!!!! Like ( 1)


 
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103