Bahasan Bahasa Indonesia

Halaman:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103   


Soal :Bahasa Indonesia/EBTANAS 1999/No.23

Otong meminjam kertas ulangan Made yang duduk di depannya. Temannya itu tidak memberi. Otong memaksa mengambil. Terjadilah tarik-menarik. Kertas
ulangan sobek, dan terjadilah keributan.
Kalimat utama dari paragraf di atas adalah ...

Bahasan:
Kertas ulangan sobek

Comments:

Delfina Christabel L, 21 Apr 2013:
Menurutku seharusnya jawabannya terjadi keributan bukan kertas ulangan yang sobek.
Like ( 33)
Orang Keren, 25 Apr 2013:
bahasannya mana???
Like ( 19)
S1403, 28 Apr 2014:
Menurut aku juga jawabannya terjadi keributan. Mohon bahasannya yang jelas... Makasih..
Like ( 2)
140.0.157.161, 01 May 2014:
iya

Like ( 0)
36.73.60.38, 07 Dec 2014:

betul

hhhh

Like ( 0)
safa, 19 May 2015:
Knp jwbn x bkn terjadi keributan trs bahasannya d mn koq cma ad jawaban  Like ( 4)


Soal :Bahasa Indonesia/UAN 2004B/No.2

       Tatkala Raden Ajeng Kartini meninggal pada bulan September 1904, gema cita-citanya telah tersebar ke mana-mana, Gema perjuangan kartini itu sampai juga ke telinga Dewi Sartika. Dewi Sartika sudah berumur duapuluh tahun, ketika kartini meninggal dalam usia duapuluh lima tahun.
       Dewi Sartika dilahirkan pada 4 Desember 1884, ayah Sartika Raden Somanagara adalah seorang yang mempunyai harga diri yang tinggi. Tidak heran kalau ia sering bentrokan dengan pejabat-pejabat Belanda, yang bertindak sewenang-wenang kepada rakyat. Sifat melawan terhadap kaum penjajah itu tak menjadi hilang, tatkala Raden Somanagara diangkat menjadi patih di Bandung.
        Raden Somanagara tidak lama menduduki jabatannya sebagai patih. Ia terus bentrokan dengan belanda. jabatanya yang tinggi tidak membuat Somanagara menjadi lemah terhadap Belanda. Sampai akhirnya suatu ketika pemerintah kolonial Belanda menyimpulkan, bahwa Raden Somanagara sangat berbahaya. Raden Somanagara harus disingkirkan dari rakyatnya. Ia harus dibuang. Demikianlah Raden Somanagara beserta istrinya, Raden Ayu Rajapermas, dibuang ke Ternate.
        Dewi Sartika yang pada waktu itu masih anak-anak terpaksa ikut menanggung kesulitan. Namun demikian, secara samar-samar Dewi mengerti untuk apa ayahnya berjuang.Dewi Sartika mengagumi ayahnya, dan memandang sebagai pahlawan kebangsaan. karena itu teguh hati melepas kedua orang tuanya ke pembuangan. ke Ternate yang jauh. Jauh di seberang lautan, yang ia sendiri tidak tahu letaknya entah dimana.

Dikutip dari:
"Buku Pejuang Bangsa", Karangan: Dj. Hasibuan
Ayah Dewi Sartika mempunyai sifat-sifat di bawah ini, kecuali....

Bahasan:
Jawaban terdapat pada paragraf kedua dan ketiga.

Comments:

arif, 04 Nov 2012:
kok jadi aneh sihhhhhhhhhhhhhh???????????
Like ( 57)
lionel naufal firdau, 20 Nov 2012:
leeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhh

Like ( 110)
achmad abhista w, 02 Feb 2013:
kayaknya jawaban yang bener B deh,  Raden Somanagara tidak lama menduduki jabatannya sebagai patih. Ia terus bentrokan dengan belanda. jabatanya yang tinggi tidak membuat Somanagara menjadi lemah terhadap Belanda.
Like ( 55)
cindun, 28 Mar 2013:
pakak baa lah ko a
Like ( 10)
maudina mahlani, 30 Mar 2013:
masa sih jawaban nya c yang bener b deh
Like ( 52)
Alexander Ivan, 15 Apr 2013:
Jawabannya harusnya B kan
Like ( 51)
Fefe, 25 Apr 2013:
Jawabannya kan harusnya B Like ( 50)
Alya Ghina Wibowo, 01 May 2013:
Jawabannya seharusnyakan B, ini kayaknya lagi error deh....
Like ( 53)
Orang bijak, 02 May 2013:
@admin jangan bikin kita bodoh dong!
Like ( 211)
faranisa.s, 04 May 2013:
menurut aku jawabannya b deh, lagi eror kali Like ( 53)
Muhammad Fajrul Haq, 04 May 2013:
Kayaknya Sih B,Tapi Gak Usah Ngomong Gitu Juga Dong @Orang Bijak Like ( 154)
Erfina Ulin Nadroh, 26 Mar 2014:
Harusnya itu B Like ( 66)
Annisa Maharani, 11 May 2014:
Harusnya itukan B!
Like ( 51)
clarentia A.C.Z.<<>>, 24 May 2014:
bukannya harusnya B,kan soalnya kecuali.............
Coba lihat di paragraf ke-3 kalimat ke-2.............

Like ( 514)
gita ambarsari, 02 Nov 2014:

B tau!!!

Like ( 59)
melysa, 10 Feb 2015:
Aneh bener jawabannya! Gila bener! Nyebelin😡 Like ( 58)
melysa, 10 Feb 2015:
Aneh bener jawabannya! Gila bener! Nyebelin😡 Like ( 50)
36.82.103.204, 17 May 2015:

KOK YANG C !!!!!!!! ANEHH BANGET !! BUKANNYA YANG B !!! TOLONG DI BETULIN DONK ADMIN !!!!!!!

Like ( 133)
NIo Perdana Azizudin, 17 May 2015:
UPDATE Like ( 141)


Soal :Bahasa Indonesia/EBTANAS 2001/No.39

Penggunaan tanda titik dua (:) yang tepat terdapat pada kalimat ...

Bahasan:
Tanda titik dua adalah tanda baca yang dilambangkan dengan dua titik berukuran sama yang diletakkan di tengah garis vertikal yang sama. Seperti halnya tanda baca lain, penggunaan tanda titik dua bervariasi antara berbagai bahasa dan bahkan pada bahasa yang sama pada periode yang berbeda. Sebagai aturan umum, tanda titik dua memberitahukan pembaca bahwa uraian setelah tanda ini memberi bukti dan menjelaskan, atau merupakan unsur dari apa yang sudah dijelaskan sebelum tanda tersebut.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Tanda_titik_dua)

Penggunaan tanda titik dua (:) yang tepat: option (A) Di toko itu banyak dijual cenderamata seperti: patung, manik-manik, dan lukisan alam.


Comments:

rendi, 17 May 2015:
d sEWCFAscvcEV3RwVE

Like ( 0)


 
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103