Bahasan IPA

Halaman:
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300   


Soal :IPA/EBTANAS 1997/No.24

Jika sebuah magnet batang dipotong menjadi dua bagian, maka kutub magnet itu menjadi ...

Bahasan:

Sebuah magnet dipotong menjadi dua, tiap-tiap potongan tetap mempertahankan sifat-sifat kemagnetannya.

Kutub magnet selalu ditemukan berpasangan, kutub utara dan kutub selatan. Jika sebuah magnet dipotong menjadi dua buah, dihasilkan dua magnet yang lebih kecil masing-masing mempunyai satu kutub utara dan satu kutub selatan. Prosedur ini dapat diulang-ulang, namun selalu dihasilkan sebuah magnet lengkap yang terdiri dari dua kutub

Comments:

Nabilarhv lovers, 19 May 2015:
ohhh Like ( 0)


Soal :IPA/UAN 2009/No.8

Ikan remora mendapatkan sisa makanan ikan hiu, sedangkan ikan hiu tubuhnya bersih dari sisa makanan. Hubungan antara ikan remora dan ikan hiu adalah simbiosis...

Bahasan:
Komensalisme, adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.

Comments:

dito, 04 Apr 2012:
bukankah hiu dan remora mutualisme? Like ( 21)
Iko, 04 Apr 2012:
Simbiosis komensalisme terlihat antara ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora yang berenang di dekat tubuh ikan hiu akan turut menjelajah ke mana pun ikan hiu itu pergi. Ikan remora menjadi aman dari ancaman ikan pemangsa lain karena ikan pemangsa takut terhadap ikan hiu. Sedangkan bagi ikan hiu, ada tidaknya ikan remora tidak berpengaruh terhadapnya. Like ( 131)
dito, 13 Jun 2012:
tapi Ikan remora mendapatkan sisa makanan ikan hiu, sedangkan ikan hiu tubuhnya bersih dari sisa makanan bukankah itu mutualisme? kan saling menguntungkan.terimakasih


Like ( 10)
djoko, 03 Feb 2013:
bukannya jawabannya mutualisme ya kan Ikan remora mendapatkan sisa makanan ikan hiu, sedangkan ikan hiu tubuhnya bersih dari sisa makanan. kan ikan remora mendapatkan hasil sisa makanan dari ikan hiu, terus hiu nya tubuh nya bersih karena makanan ditubuhnya di makan ikan remora  Like ( 10)
marcella olivia, 16 Apr 2013:
bukanya mutualisme ya???  Like ( 6)
Alexander Ivan, 17 Apr 2013:
Tubuh hiu bersih bukan karena ikan remora tapi sisa makananya jatuh terbawa arus air kemudian setelah sisa makanan hiu jatuh ikan remora mengambil sisa makanan hiu.
Like ( 8)
Alya Ghina Wibowo, 25 Apr 2013:
Jawaban memang komensalisme. ikan remora memakan sisa makanan di tubuh hiu, sedangkan hiu tidak dirugikan dan diuntungkan.
Like ( 5)
Anra, 30 Apr 2013:
Kata guruku jawabannya mutualisme, karena dia memakan sisa daging dari hiu. Kalau dia hanya mengikuti di sebelah ikan hiu supaya aman dari ancaman bahaya, itu baru komensalisme... Like ( 5)
-, 01 May 2013:
  • seharusnya mutualisme karena ikan remora mendapat makanan dari hiu sedangkan hiu juga diuntungkan karena tubuhnya telah dibersikan oleh ikan remora.tq
Like ( 4)
aqsal, 03 May 2013:
kalau mutualisme memang ikan remora dapat untung . kalau ikan hiu untung nya apa . wong yang dimakan sisa makanan kok . jadi hiu nggak rugi nggak untung , kalau remora itu pasti untung
Like ( 4)
iko,, 07 May 2013:
temen-temen gue pny info loh....
klo soal di palingpintar ini semuanya gk ada yg bener!!!!!!!!!!!!!!!!!
Like ( 5)
Oki, 07 May 2013:
Pasti banyak yang benernyalah...  Like ( 8)
dika, 08 Jan 2014:
Jwabanya ya Mutualisme a.... Pye leh....
Like ( 4)
Ajib, 08 Jan 2014:

Commensalism is where only one species benefits while the other is not affected by what is happening around them. A good example of this is the remora (suckerfish) and the shark, remora eat the left over food of sharks, and the sharks arenít bothered at all.  The remora also gets protection as no known sea species is brave/crazy enough to attack it when itís close to the shark and this is the advantage that a remora has used all along.


Like ( 6)
gebby mariana, 27 Jan 2014:
dulur dulur.....jawabannya ya mutualisme....dilihat dari soalnya.coba baca lagi soalnya ya dulur dulur...sedangkan ikan hiu tubuhnya bersih dari sisa makanan. Like ( 18)
114.79.19.159, 07 Mar 2014:
tau tuh org yg bikin gimana sihhh..... Like ( 70)
114.79.19.96, 08 Mar 2014:
goblok Like ( 0)
clarence, 16 May 2014:
ikan hiu itu g peduli tubunhnya bersih atau g
jd jwb'nya komensalisme!
Like ( 0)
clarence, 16 May 2014:
tapi kalau soalnya begitu
aku setuju mutualisme!
Like ( 0)
36.82.26.51, 18 Apr 2015:
mangkeli soale
Like ( 1)
nahlazahira, 19 May 2015:
Oalaaah salah lagi....  Like ( 0)


Soal :IPA/Olimpiade IPA (email dari muhammad fajrul haq)/No.9

Bioteknologi merupakan salah satu metode yang akhir-akhir ini dikembalikan untuk mendukung usaha pemuliaan tanaman, terutama tanamanan budidaya yang bermanfaat bagi manusia. Pilih salah satu pernyataan di bawah ini yang menunjukkan upaya pemuliaan tanaman dengan cara bioteknologi.

Bahasan:

Kultur jaringan adalah suatu metode untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali.[1]

Comments:

aqsal, 12 Apr 2013:
gono ta Mbak

Like ( 1)
nahlazahira, 19 May 2015:
Ooh seperti ituu... :D

Like ( 1)


 
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300