Bahasan IPA

Halaman:
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307   


Soal :IPA/Latihan BSE6-2010-APSP-4/No.1

Kawasan pelestarian alam yang dikelola dan dimanfaatkan untuk kegiatan ilmu pengetahuan, pendidikan dan pelatihan, serta rekreasi disebut ... .

Bahasan:

> Taman Nasional

Taman nasional merupakan daerah pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan dan pendidikan serta rekreasi dan pariwisata. Contoh taman nasional yaitu Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango di Jawa Barat, Taman Nasional Gunung Leuser di Sumatra, Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, dan Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan.

> Taman Wisata Alam
Taman wisata alam merupakan hutan wisata yang memiliki keindahan alam baik keindahan tumbuhan, hewan, dan alam itu sendiri yang mempunyai corak khas yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan rekreasi dan kebudayaan. Contohnya Taman Wisata Alam Batam dan Taman Wisata Alam Pangandaran di Jawa Barat.

> Cagar Alam
Cagar alam adalah suatu kawasan suaka alam karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistemnya atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

> Suaka Margasatwa
Suaka Margasatwa adalah Hutan Suaka Alam yang ditetapkan sebagai suatu tempat hidup margasatwa yang mempunyai nilai khas bagi ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta merupakan kekayaan dan kebanggaan nasional.

(Sumber: Wikipedia)

Comments:

MAHARANI, 03 Nov 2014:
Thanks Like ( 1)
caca, 15 Oct 2015:
Hebat

Bagus

Thanks♡♥♡♡

Like ( 6)
darwin, 02 Dec 2015:
mantap makasih Like ( 3)


Soal :IPA/UAN 2009/No.23

Pemasangan kabel antar tiang listrik dibuat kendor. Hal ini bertujuan untuk...

Bahasan:
tidak mudah putus saat menyusut pada malam hari

Comments:

mirza, 17 Mar 2012:
hlo bukannya memuai to? klo memeuai kan jadi kencang Like ( 3)
Iko, 17 Mar 2012:
Pemasangan Jaringan Listrik dan Telepon

Kabel jaringan listrik atau telepon dipasang kendur dari tiang satu ke tiang lainnya sehingga saat udara dingin panjang kabel akan sedikit berkurang dan mengencang. Jika kabel tidak dipasang kendur, maka saat terjadi penyusutan kabel akan terputus.

(sumber: crayonpedia)

Like ( 40)
Muhammad Fajrul Haq, 18 Mar 2012:
Jadi,Kalau Memuai Itu Malah Tambah Kendur,Dan Kalau Menyusut Jadi Kencang

Like ( 5)
azriel anaknya anang, 30 Mar 2012:
ooooooo
Like ( 36)
Iko, 30 Mar 2012:
Ini Azriel adiknya Aurel ya...? :)
Like ( 4)
114.79.3.150, 08 Dec 2012:
ooooooooooooooooooo Like ( 0)
seo jo hyun, 08 Dec 2012:
oh gitu Like ( 1)
izaa, 15 Jan 2013:
ohh gitu,makasih yee atas infonya aku bisa ngerjain soal ini!.. thankkk 

Like ( 2)
hAnis hanafi anas, 20 Jan 2013:
oooooooo gitu ta..... thanks paling pintar
i like paling pintar

Like ( 16)
firmansyah, 20 Jan 2013:
  • iyo nip

Like ( 17)
rizka fadhilah, 20 Jan 2013:

asoyyyyy ahaydek

Like ( 1)
Anra, 26 Feb 2013:
Kok aku cek di website lain jawabannnya "tidak memuai di siang hari". Katanya sih gini karena  kabel akan mengalami penyusutan pada malam hari sehingga kendor. Maka pada siang hari (pada saat terjadi pemauian) kabel tidak putus karena sudah kendor. Coba aklo malemnya udah tegang, maka siangnya kabelpun akan terputus.  Like ( 1)
Donny Mamahit, 15 Apr 2013:
Bukannya kalau memuai malah putus dan kalau menyusut malah kendor ???!!!
Like ( 4)
sdda, 28 Apr 2013:
sdd Like ( 0)
ARY , 28 Apr 2013:
Ooooo GITU MAKASIH YA
Like ( 1)
125.165.142.68, 07 May 2013:
seperti itu... Thanks yaa!! ^_^ Like ( 0)
tkm, 22 Oct 2013:
adakah kuasa elektrik berkurang apabila kabel dalam keadaan kendur? Like ( 1)
114.4.21.200, 19 Nov 2013:
Oh gitu trims y...

Like ( 1)
nabila rostiana , 08 Dec 2013:
Sip yaaaa...... Like ( 1)
sabila faza, 01 Dec 2014:

oooo gitu makasih ya ilmunya manfaat banget :)

Like ( 1)
112.215.66.73, 15 Feb 2015:
Oh gitu ya kak..thanks infonya gereget bgt:v

Like ( 3)
retno, 19 Feb 2015:
yang bener tu yang mana kalau dibuku ku jawabannya agar tidak putus saat memuai pd siang hari dan tdk putus saat menyusut dimalam hari jadi yang bener mana nih.


Like ( 6)
retno, 19 Feb 2015:
plss cpt donk dibls penting ni

Like ( 5)
202.67.41.51, 13 Mar 2015:

yg bener yg manaa?? kok aku jd bingung sendirii :3

Like ( 1)
103.246.200.56, 16 Mar 2015:
lho, kak yg bener yg mana? Like ( 0)
marfa audilla fitri, 16 Mar 2015:
betul betul betul hehehe....................... Like ( 43)
marfa audilla fitri, 16 Mar 2015:
bagiku kak admin yang betul siiip Like ( 0)
nur dan alin, 17 Mar 2015:

kamu belajar di sekolah mana 


Like ( 107)
regina sakiwa, 18 Mar 2015:
PEMBAHASANNNYA BODOH AMAT


Like ( 0)
Nafis, 26 Mar 2015:
Setahu ku dulu waktu SD, kabel akan putus saat memuai siang hari tetapi ternyata salah kebalik itu .. hemm  Like ( 1)
nikmah loplopan, 19 May 2015:
pemanasan kabel listrik dibuat kendor pada siang hari bertujuan untuk apa? Like ( 0)
114.79.61.7, 24 May 2015:

maksih..

Like ( 0)
Brimosa, 16 Nov 2015:
Pemasangan kabel listrik pada tiang dibuat kedur hal ini bertujuan untuk Like ( 0)
MFNR, 30 Nov 2015:
makasih y atas jawabannya
Like ( 1)


Soal :IPA/UAN 2009/No.8

Ikan remora mendapatkan sisa makanan ikan hiu, sedangkan ikan hiu tubuhnya bersih dari sisa makanan. Hubungan antara ikan remora dan ikan hiu adalah simbiosis...

Bahasan:
Komensalisme, adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.

Comments:

dito, 04 Apr 2012:
bukankah hiu dan remora mutualisme? Like ( 21)
Iko, 04 Apr 2012:
Simbiosis komensalisme terlihat antara ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora yang berenang di dekat tubuh ikan hiu akan turut menjelajah ke mana pun ikan hiu itu pergi. Ikan remora menjadi aman dari ancaman ikan pemangsa lain karena ikan pemangsa takut terhadap ikan hiu. Sedangkan bagi ikan hiu, ada tidaknya ikan remora tidak berpengaruh terhadapnya. Like ( 132)
dito, 13 Jun 2012:
tapi Ikan remora mendapatkan sisa makanan ikan hiu, sedangkan ikan hiu tubuhnya bersih dari sisa makanan bukankah itu mutualisme? kan saling menguntungkan.terimakasih


Like ( 10)
djoko, 03 Feb 2013:
bukannya jawabannya mutualisme ya kan Ikan remora mendapatkan sisa makanan ikan hiu, sedangkan ikan hiu tubuhnya bersih dari sisa makanan. kan ikan remora mendapatkan hasil sisa makanan dari ikan hiu, terus hiu nya tubuh nya bersih karena makanan ditubuhnya di makan ikan remora  Like ( 10)
marcella olivia, 16 Apr 2013:
bukanya mutualisme ya???  Like ( 6)
Alexander Ivan, 17 Apr 2013:
Tubuh hiu bersih bukan karena ikan remora tapi sisa makananya jatuh terbawa arus air kemudian setelah sisa makanan hiu jatuh ikan remora mengambil sisa makanan hiu.
Like ( 8)
Alya Ghina Wibowo, 25 Apr 2013:
Jawaban memang komensalisme. ikan remora memakan sisa makanan di tubuh hiu, sedangkan hiu tidak dirugikan dan diuntungkan.
Like ( 5)
Anra, 30 Apr 2013:
Kata guruku jawabannya mutualisme, karena dia memakan sisa daging dari hiu. Kalau dia hanya mengikuti di sebelah ikan hiu supaya aman dari ancaman bahaya, itu baru komensalisme... Like ( 5)
-, 01 May 2013:
  • seharusnya mutualisme karena ikan remora mendapat makanan dari hiu sedangkan hiu juga diuntungkan karena tubuhnya telah dibersikan oleh ikan remora.tq
Like ( 4)
aqsal, 03 May 2013:
kalau mutualisme memang ikan remora dapat untung . kalau ikan hiu untung nya apa . wong yang dimakan sisa makanan kok . jadi hiu nggak rugi nggak untung , kalau remora itu pasti untung
Like ( 4)
iko,, 07 May 2013:
temen-temen gue pny info loh....
klo soal di palingpintar ini semuanya gk ada yg bener!!!!!!!!!!!!!!!!!
Like ( 5)
Oki, 07 May 2013:
Pasti banyak yang benernyalah...  Like ( 8)
dika, 08 Jan 2014:
Jwabanya ya Mutualisme a.... Pye leh....
Like ( 4)
Ajib, 08 Jan 2014:

Commensalism is where only one species benefits while the other is not affected by what is happening around them. A good example of this is the remora (suckerfish) and the shark, remora eat the left over food of sharks, and the sharks arenít bothered at all.  The remora also gets protection as no known sea species is brave/crazy enough to attack it when itís close to the shark and this is the advantage that a remora has used all along.


Like ( 6)
gebby mariana, 27 Jan 2014:
dulur dulur.....jawabannya ya mutualisme....dilihat dari soalnya.coba baca lagi soalnya ya dulur dulur...sedangkan ikan hiu tubuhnya bersih dari sisa makanan. Like ( 18)
114.79.19.159, 07 Mar 2014:
tau tuh org yg bikin gimana sihhh..... Like ( 70)
114.79.19.96, 08 Mar 2014:
goblok Like ( 0)
clarence, 16 May 2014:
ikan hiu itu g peduli tubunhnya bersih atau g
jd jwb'nya komensalisme!
Like ( 0)
clarence, 16 May 2014:
tapi kalau soalnya begitu
aku setuju mutualisme!
Like ( 0)
36.82.26.51, 18 Apr 2015:
mangkeli soale
Like ( 1)
nahlazahira, 19 May 2015:
Oalaaah salah lagi....  Like ( 0)
36.80.229.133, 30 Nov 2015:
wooooooooooooooooo Like ( 1)


 
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307