Bahasan IPA

Halaman:
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330   


Soal :IPA/UAN 2006c/No.28

Jenis alat bantu sederhana yang cocok untuk menaikkan drum seberat 150 kg ke atas adalah...

Bahasan:
bidang miring pesawat yang paling efisien mengangkat drum 150 kg dari bawah ke atas, sehingga gaya yang diperlukan lebih kecil dibanding tanpa bidang miring.

Comments:

tiffany, 20 May 2014:
bukannya kalo pake bidang miring justru lebih berat yah?
Kalo pake katrol, lebih mudah kann buat angkat drum seberat 150 kg.. 
Like ( 7)
Aisyah nur aini, 07 Feb 2015:
iya,aku setuju sama tiffany!! Like ( 1)
Paling Pintar, 16 May 2015:
Kalo katrol maka akan susah utk menaikan karena harus mencari tempat utk menggantung nya klo bidang miring bisa langsung di guling-gulingkan Like ( 0)
Willson, 19 May 2015:
haddeeehhhh -_-

Like ( 0)
Dr Einstein, 15 Mar 2016:
LOL KALO UNTUK MENGANGKAT KE ATAS PAKE BIDANG MIRING BERAT!!!!! -_-(ITS THAT LOGIC) Like ( 0)
Stich, 17 May 2016:
Bukan nya harus nya pake katrol deh kok pake bidang miring




Like ( 0)


Soal :IPA/UAN 2008/No.14

Perhatikan gambar berikut!


Fungsi dari bagian mata yang ditunjukkan oleh anak panah adalah untuk ........
 

Bahasan:
Yang ditunjuk anak panah adalah pupil

Pupil adalah celah (lubang) bundar yang ada di tengah-tengah iris. Iris bekerja sama dengan pupil untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata sehingga sesuai dengan kebutuhan. Dalam cahaya terang, otot iris mengerut dan menyebabkan iris mengecil. Mengecilnya pupil akan menghentikan cahaya agar tidak terlalu banyak masuk ke mata. Dalam cahaya redup, otot-otot iris akan menjadi relaks sehingga pupil melebar. Melebarnya pupil memungkinkan cahaya semakin banyak masuk ke mata. Fungsi pupil sama dengan fungsi diafragma pada alat potret atau kamera. 

Iris adalah selembar otot yang terletak di belakang kornea. Iris suatu jaringan yang kaya dengan pembuluh darah. Warna iris memberikan warna pada mata.
(sumber: http://blog.unnes.ac.id/pujiersandi/2011/10/24/materi-ipa-sd-mata/ )

Comments:

00304, 08 May 2012:
menurut saya yang mengatur banyak / sedikitnya cahaya yang masuk ke mata adalah irissedangkan pupil meneruskan cahaya ke dalam mata, Like ( 67)
Iko, 08 May 2012:
menurut http://crayonpedia.org/mw/
Sistem_saraf_dan_indera_manusia.elok_sudibyo

Pupil adalah celah yang berada di bagian tengah iris. Fungsinya adalah untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk ke mata. Jika cahaya redup, otot-otot iris berkontraksi sehingga celah pupil melebar dan cahaya yang masuk ke mata lebih banyak. Sebaliknya, jika cahaya terang celah pupil akan menyempit dan cahaya yang masuk ke mata lebih sedikit atau tidak berlebihan.

menurut saya, Iris bekerja sama dengan pupil untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata sehingga sesuai dengan kebutuhan
Like ( 6)
allika, 08 May 2012:
trus yg putihnya app?
Like ( 1)
Adelale, 25 Jan 2014:
@Iko ya,saya setuju dengan pendapatmu

Like ( 0)
regina sakiwa, 09 Mar 2015:
lho,pupil fungsinya kan tempat masuknya cahaya Like ( 0)
AQHU, 20 May 2015:

MENGATUR BANYAK SEDIKITNYA CAHAYA YANG MASUK KEMATA ?......@_@  ITU YA FUNGSINYA ; IRIS

# KALAU PUPIL FUNGSINYA: SEBAGAI SALURAN MASUKNYA CAHAYA..............

HEMB.BETULKAN AQHU

Like ( 0)
salma, 17 May 2016:
Membingungkan Like ( 0)


Soal :IPA/UAN 2005b/No.32

Salah satu benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah...

Bahasan:
nikel merupakan bahan magnetik yang dapat ditarik magnet dengan kuat (bahan ferromagnetik)

Comments:

Kylie Sky Rosella, 03 Apr 2013:
instead of copper,huh??

Like ( 15)
Anoy, 30 Apr 2013:
emg bner? NICE
Like ( 110)
vidia selenna, 24 Apr 2014:
nikel

Like ( 0)
Carissa ardiyanti, 09 Feb 2015:
ga bilag kalau bnda yang dapat di tarik kuay oleh magnet...
Like ( 0)
Durung, 15 May 2015:
Oalah
Klo tembaga apa jg bisa?
Like ( 131)
114.4.83.212, 26 Feb 2016:
Aduh salah deh Like ( 1)
salma, 17 May 2016:
Ooooo,nikel thu yang kayak gimana¿? Like ( 2)


 
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330