Bahasan IPA

Halaman:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259   


Soal :IPA/EBTANAS 2003/No.10

Aliran listrik dinamakan ........

Bahasan:

Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. [1] Arus listrik dapat diukur dalam satuan Coulomb/detik atau Ampere. Contoh arus listrik dalam kehidupan sehari-hari berkisar dari yang sangat lemah dalam satuan mikroAmpere (├ČA) seperti di dalam jaringan tubuh hingga arus yang sangat kuat 1-200 kiloAmpere (kA) seperti yang terjadi pada petir.

Comments:

hendra, 14 Oct 2014:
Situs ini bagus juga lumayan untuk anak yang sedang belajar
Like ( 0)
bella, 24 Oct 2014:
km baru tahu
Like ( 0)


Soal :IPA/EBTANAS 2003/No.9

Cara mengembangbiakkan seperti gambar di atas adalah ........

Bahasan:

Perkembangbiakan secara buatan adalah berkembang biaknya tumbuhan tanpa bantuan campur tangan manusia.

a. Metode Mencangkok / Cangkok
Mencangkok adalah suatu cara mengembangbiakkan tumbuhan dengan jalan menguliti batang yang ada lalu bungkus dengan tanah agar akarnya tumbuh. Jika akar sudah muncul akar yang kokoh, maka batang tersebut sudah bisa dipotong dan ditanam di tempat lain.

b. Merunduk / Menunduk
Merunduk adalah teknik berkembang biak tumbuh-tumbuhan dengan cara menundukkan batang tanaman ke tanah dengan harapan akan tumbuh akar. Setelah akar timbul, maka batang sudah bisa dipotong dan dibawa ke tempat lain.

c. Menyetek / Nyetek
Menyetek adalah perkembangbiak tumbuhan dengan jalan menanam batang tanaman agar tumbuh menjadi tanaman baru. Contohnya seperti singkong.

d. Menyambung / Mengenten
Mengenten adalah perkembang biakan buatan yang biasanya dilakukan pada tumbuhan sejenis buah-buahan atau ketela pohon demi mendapatkan kualitas buat yang baik.

Comments:

viany, 23 Feb 2013:
i like it
Like ( 10)
114.79.28.221, 03 May 2013:
gf Like ( 0)
inda, 24 Oct 2014:
maksudnya Like ( 0)


Soal :IPA/EBTANAS 2003/No.8

Tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif adalah ........

Bahasan:

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami terdiri dari:

1.membelah diri
contoh: ganggang hijau


2.spora
Spora merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan. Spora dibentuk dan disimpan di dalam kotak spora yang disebut sporangium. Sporangium pada tumbuhan paku terletak dibalik daun.
Contoh: tumbuhan paku, jamur, suplir, ganggang
*paku tanduk rusa
*suplir
*jamur

3.akar tinggal
Akar tinggal (rizoma) adalah batang yang tertanam dan tumbuh di dalam tanah. Batang tersebut tumbuh secara mendatar dan tampak seperti akar
Ciri-ciri akar tinggal:
- mirip akar tetapi berbuku-buku dan pada ujungnya terdapat kuncup
- pada setiap buku terdapat daun yang berubah menjadi sisik
- pada setiap ketiak sisik terdapat tunas
Contoh: jahe, lengkuas, temu lawak, kunyit, alang-alang dan rumput
*temu lawak
*kunyit

4.umbi lapis
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah: bawang bombay, bawang merah, bawang putih, bunga bakung, bunga tulip
*bawang bombay
*bunga bakung

5.umbi batang
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang adalah: kentang dan ubi jalar
*ubi jalar

6.Umbi akar
Ciri-ciri umbi akar:
- tidak berbuku-buku
- tidak mempunyai kuncup dan daun
- tidak mempunyai mata tunas
Contoh: wortel dan bunga dahlia
*wortel
*bunga dahlia

7.geragih
Geragih (stolon) adalah batang yang menjalar di atas atau di bawah permukaan tanah.
# Contoh tumbuhan bergeragih di atas permukaan tanah adalah arbei, pegagan, semanggi.
*pegagan
*semanggi

# Contoh tumbuhan bergeragih di bawah permukaan tanah adalah rumput teki

*rumput teki

8.tunas
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah: pisang, cocor bebek, bambu, sukun, cemara
*pisang

*cocor bebek

Comments:

180.252.199.199, 30 Mar 2012:
keren banget, nilaiku jadi 100 Like ( 7)
hilmi, 21 May 2012:
yah Like ( 0)
elvie, 13 Aug 2012:
Aku cuma mau bilang kalo tunas pisang beda dgn tunas cocor bebek...
Tunas pisang keluar dari akar sebatang pohon yang menjalar menjadi individu baru,akar ini disebut akar adventif.... Tunas cocor bebek berasal dari tunas-tunas yang ada di ketiak daun.. tunas yang seperti ini disebut tunas adventif... kalo salah bilang yaaa!!!!
Like ( 42)
Iko, 13 Aug 2012:
Trims Elvi atas tambahan penjelasannya..Sumbernya dari mana sih? Like ( 3)
elvie, 14 Aug 2012:
Iya deh,kalo iko bilang gitu..trims juga atas penghormatannya... aku dapet materi itu di segala buku dan tv...

Like ( 2)
RHS IKS, 20 Sep 2012:
HALO TEMAN TEMAN HAI HAYO LAGI NGAPAIN HAYO

Like ( 0)
Yoona seohyun, 25 Sep 2012:
085731725834 Like ( 38)
Ardi, 25 Sep 2012:
Yoona kmarin aq sms aq ajak ktemuan trnyata cntikk  Like ( 1)
keshya, 25 Sep 2012:
masak siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeeeeeeee Like ( 0)
aislay, 22 Dec 2012:
soalnya kurang jelas,seharusnya hrs dijelasin vegetatif alami ap vegetatif buatan.klu vegetatif alami:tunas(pisang),klu vegetatif buatan:cangkok(mangga).yang jelas dong! Like ( 56)
syeila magfiroh, 06 Feb 2013:
makasih Like ( 0)
zairina fitrian haqi, 20 Apr 2013:

like adja deh

Like ( 21)
K, 04 May 2013:
dikirain mah vegetatif buatan =_=''

Like ( 0)
aqsal, 04 May 2013:
oke Like ( 0)
siti rahmawati, 07 May 2013:
..ohhhh emang tumbuhan vegetatif ,ada tunasnya juga

Like ( 0)
orang, 20 May 2014:
iya kelessssssssszzzzzxxxxxxzzzzzzzzzzz
Like ( 19)
amelia, 15 Aug 2014:
keren aku jadi gak dimarahin guru nih     Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
akusenang punya temanbaik Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
akupuna Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
aku bernama mayaaku mempunyaikakak bernama lenyandriani akumempunyai ade bernama maharani Like ( 1)
adel , 24 Oct 2014:
gaya banget
Like ( 0)


 
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259