Bahasan IPA

Halaman:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257   


Soal :IPA/UAN 2008/No.3

Perhatikan gambar di bawah ini!


Hewan tersebut berkembang biak dengan cara ........

Bahasan:
ovivar : Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur.
vivipar: Hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan.
ovovivipar: Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan melahirkan.
membelah diri : Perkembangbiakan pada hewan bersel satu (protozoa).

Comments:

insan, 09 Apr 2012:
gak salah ta ?     soalnya di buku ovovivipar
    
Like ( 8)
Iko, 09 Apr 2012:
Dari BSE: "Hewan yang berkembang biak secara bertelur dan melahirkan disebut ovovivipar. Hewan ini bertelur, tetapi telurnya menetas di dalam tubuh induk betina kemudian anaknya keluar dari tubuh induk betina.Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara demikian adalah ikan hiu, beberapa jenis ular, dan kadal."

Gambar diatas adalah gambar ular cobra, dimana ular ini berkembang biak secara bertelur (ovipar):


(foto: http://anishgurjar-najanaja.blogspot.com/)
Like ( 7)
Elva, 08 May 2012:
Kok aneh sih ??? guruku bilang kalo ular itu ovovivipa??? di buku ku juga ........... Mana yang betul nih?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
Like ( 3)
Irsyad, 08 May 2012:
Wah gawat!!!! Internet sama Buku pelajaran mana yang bener???
Like ( 2)
Iko, 08 May 2012:
Sebagian besar ular ovovivipar...untuk ular kobra ovipar.. Like ( 5)
Irsyad, 08 May 2012:
Ohh... jadinya gitu!!! skrg baru ngerti...!!
Like ( 2)
Elvie, 31 Jul 2012:
Di buku ku disebutkan beberapa jenis ular itu ovovivipar,tapi nggak semua,,,, tapi aku baru tau kalo kobra termasuk ovipar. . . .
Like ( 4)
125.165.125.117, 14 Sep 2012:
bertelur

Like ( 3)
wiki, 09 Oct 2012:
yang di internet kok jawab ovipar kok gak ovovivipar sihhhhhhhhhhh mana yang betul?????????????????////

Like ( 13)
Dandyta.R.K, 06 Jan 2013:

yg betul mana ovipar apa ovovivipar di buku ku biang nya ovovivipar yg betul manaaaaa ????????????????

Like ( 2)
Jiraiya, 06 Jan 2013:
Sebagian besar ular ovovivipar...untuk ular kobra ovipar
Like ( 2)
Kautsar Hilmi, 07 Jan 2013:
Yang Ovovivipar itu Ular Boa,Kalau ovipar itu ular kobr Like ( 20)
Levi Nadilla Putri, 02 Feb 2013:
Trs ular yg berkembang biak dgn ovovivipar tu apa???????????????????????????

Like ( 8)
BRYAN ROWSON, 15 Feb 2013:

maaf,mohon dengarkan.Ular memang kebanyakan memang ovovivipar.Tetapi gambar di situ adalah ular kobra.Ular kobra berkembang biak dengan cara  ovipar.jadi jawaban yang benar adalah A.Pembahasan di paling pintar memang kurang jelas menurut saya.

~TERIMA KASIH ATAS KESEMPATANNYA~


                                          

Like ( 6)
WIKI, 14 Mar 2013:
aduh bingung saya mana yg betul?
 
wes meloki wae.,......

seng penting heppy!!!!!!!!!!!..............
Like ( 6)
Gilbert Karsten, 16 Apr 2013:
Memangnya ada perkecualian ya untuk Ular Kobra ? Like ( 5)
nur khayati, 16 Apr 2013:
selain ular kobra, sie  jenis ular apa lagi yang bertelur  ya...?


Like ( 1)
olivia, 29 Apr 2013:
thanks ya buat info nya jadi nambah ne pengetahuannya
Like ( 0)
katarina, 29 Apr 2013:
kenapa ular kobra itu ovipar dan  kenapa ular boa itu ovovivipar kan sama sama ular.............??????
Like ( 1)
bayu, 04 May 2013:
untuk ular yg berukuran besar ex: sanca, phyton, anaconda dan boa dgn cara ovovivipar, sementara cobra termasuk ular ukura kecil Like ( 1)
rafi, 05 May 2013:
yg bener yg mana

Like ( 0)
wisanggeni, 28 May 2013:
i tdkpernah melihat hiu berkembang biak, jadi saya tidak tau mana yang benar dan yang salah Like ( 1)
39.219.59.21, 18 Jun 2013:
Kalo ular laut ? Like ( 0)
Therty, 18 Jun 2013:
Kalo ular laut ? Like ( 1)
ibnu ilmi, 16 Jul 2013:
mas admin soal pembahasannya kan cuma 1-3 soal....ada ga yg versi seluruh soal, misal soal no 1 sampai terakhir dari UN SMP 2008 ?

lalu ada ga.....download soal versi utuh ( no 1 ampe terakhir) untuk UN SMP ???
Like ( 2)
syahra nur azyzya, 25 Aug 2013:

penjelasannya kurang buannyakkk nih...........

Like ( 17)
Dhevina, 27 Aug 2013:

kurang lengkap :'(

Like ( 0)
lisa, 28 Aug 2013:
kalau ovovivipar itu hewan apa aja sih? Like ( 0)
Kautsar Hilmi, 28 Aug 2013:

Menurut Sumber bahwa: Kebiasaan dan Reproduksi Ular memakan mangsanya bulat-bulat; artinya, tanpa dikunyah menjadi keping-keping yang lebih kecil. Gigi di mulut ular tidak memiliki fungsi untuk mengunyah, melainkan sekedar untuk memegang mangsanya agar tidak mudah terlepas. Agar lancar menelan, ular biasanya memilih menelan mangsa dengan kepalanya lebih dahulu.Beberapa jenis ular, seperti sanca dan ular tikus, membunuh mangsa dengan cara melilitnya hingga tak bisa bernapas. Ular-ular berbisa membunuh mangsa dengan bisanya, yang dapat melumpuhkan sistem saraf pernapasan dan jantung (neurotoksin), atau yang dapat merusak peredaran darah (haemotoksin), dalam beberapa menit saja. Bisa yang disuntikkan melalui gigitan ular itu biasanya sekaligus mengandung enzim pencerna, yang memudahkan pencernaan makanan itu apabila telah ditelan.Untuk menghangatkan tubuh dan juga untuk membantu kelancaran pencernaan, ular kerap kali perlu berjemur (basking) di bawah sinar matahari.Kebanyakan jenis ular berkembang biak dengan bertelur. Jumlah telurnya bisa beberapa butir saja, hingga puluhan dan ratusan butir. Ular meletakkan telurnya di lubang-lubang tanah, gua, lubang kayu lapuk, atau di bawah timbunan daun-daun kering. Beberapa jenis ular diketahui menunggui telurnya hingga menetas; bahkan ular sanca ‘mengerami’ telur-telurnya.Sebagian ular, seperti ular kadut belangular pucuk dan ular bangkai laut ‘melahirkan’ anak. Sebetulnya tidak melahirkan seperti halnya mamalia, melainkan telurnya berkembang dan menetas di dalam tubuh induknya (ovovivipar), lalu keluar sebagai ular kecil-kecil.Sejenis ular primitif, yakni ular buta atau ular kawat Rhampotyphlops braminus, sejauh ini hanya diketahui yang betinanya. Ular yang mirip cacing kecil ini diduga mampu bertelur dan berbiak tanpa ular jantan (partenogenesis).

Like ( 14)
125.162.63.17, 12 Sep 2013:
hiu berkembang biak dengan cara apa???

aku ada soal berikut ini hewan yang berkembang biak dengan bertelur melahirkan(ovovivipar),kecuali 

A.ikan hiu                   B.ikan pari

C.kadal                      D.ikan gurami
 yg mana yg betull???
Like ( 1)
Kevin Leonardi, 15 Sep 2013:
Aku ingin numpang tanya nih,Ikan Hiu itu Ovipar,Vivipar,Ovovivipar?

Like ( 2)
wiki, 15 Sep 2013:

Ovoviviparity

Most sharks are ovoviviparous, meaning that the eggs hatch in the oviduct within the mother's body and that the egg's yolk and fluids secreted by glands in the walls of the oviduct nourishes the embryos. The young continue to be nourished by the remnants of the yolk and the oviduct's fluids. As in viviparity, the young are born alive and fully functional. Lamniforme sharks practice oophagy, where the first embryos to hatch eat the remaining eggs. Taking this a step further, sand tiger shark pups cannibalistically consume neighboring embryos. The survival strategy for ovoviviparous species is to brood the young to a comparatively large size before birth. The whale shark is now classified as ovoviviparous rather than oviparous, because extrauterine eggs are now thought to have been aborted. Most ovoviviparous sharks give birth in sheltered areas, including bays, river mouths and shallow reefs. They choose such areas for protection from predators (mainly other sharks) and the abundance of food. Dogfish have the longest known gestation period of any shark, at 18 to 24 months. Basking sharks and frilled sharks appear to have even longer gestation periods, but accurate data are lacking.[56]

Oviparity

Photo of 12 centimetres (4.7 in) egg case adjacent to ruler, the egg case is a brown ovalish shape, with a spiral band running around it from top to bottom.
The spiral egg case of a Port Jackson shark

Some species are oviparous like most other fish, laying their eggs in the water. In most oviparous shark species, an egg case with the consistency of leather protects the developing embryo(s). These cases may be corkscrewed into crevices for protection. Once empty, the egg case is known as a mermaid's purse, and can wash up on shore. Oviparous sharks include the horn shark, catshark, Port Jackson shark, and swellshark.[56][57]

Like ( 2)
Hafizh, 20 Oct 2013:
Yg bener yg mana nih ?




Like ( 102)
cyrus, 18 Feb 2014:
ada beberapa jenis ular yang berkembang biak dengan ovovivipar
Like ( 0)
silvi, 24 Feb 2014:
aku masih bingung nih yang bener apa sih ?
Like ( 0)
melva sari, 27 Feb 2014:
aku pengn tu nih hewan apa berkembang biak cara yg sama tau ga ssiiiihhhhhhhhhhhhh...........
Like ( 1)
39.229.189.1, 13 Mar 2014:

jawaban d 

ikan hiu ovivipar,vivipar,ovipar tergantung jenisnya. ular kebanyakan ovovivipar except ular kobra
Like ( 2)
Khasna Luthfia, 22 Mar 2014:
Kalau di Sapintar, Hewan yang ovovivipar adalah sejenis reptil kecuali cicak.
Like ( 3)
yusuf , 26 Mar 2014:
kalau di buu sama kok di internet  Like ( 0)
dimas , 26 Mar 2014:
kalau sama pilih salah satu Like ( 0)
margaretha, 09 Jul 2014:
tadi kata guru carinya di internet tapi kok aku heran tentang hewan ovivipar 

Like ( 1)
Pikachu Project, 19 Jul 2014:
Whatt The Frick Like ( 0)
36.76.170.119, 28 Aug 2014:

bagus

Like ( 1)
salma, 02 Sep 2014:
Iya nih dibukuku juga jd bingung nih Like ( 1)
valent, 09 Sep 2014:
Pusing pusing pusing mana yg bener Like ( 1)
114.79.3.238, 10 Sep 2014:
Ular Cobra termasuk ovipar.
Yang ovovivivar itu ular phyton , anaconda , Boa.

Like ( 3)
dumai, 12 Sep 2014:
Contoh hwan serangga yg brkembang biak dgn cara bertelur ap aj ....????? Like ( 2)
clarence, 14 Sep 2014:
hiu itu ovo
Like ( 0)
clarence, 14 Sep 2014:
ada ayam,burung,ikan,dll @dumai
Like ( 0)
clarence, 14 Sep 2014:
@dumai sori sori slh
Like ( 0)


Soal :IPA/UAN 2011/No.12

Jalan ke pegunungan dibuat berkelok-kelok, itu menggunakan prinsip....

Bahasan:
Jalan ke pegunungan dibuat berkelok-kelok, itu menggunakan prinsip bidang miring, supaya tenaga yang diperlukan untuk mendaki tidak besar.

Comments:

lilik, 02 Apr 2012:
untuk memperkecil gaya gesek  Like ( 12)
Rizqul, 23 Oct 2013:
karena jalan itu berkelok-kelok itu  menggunakan bidang miring supaya mendaki menggunakan gaya yg tidak besar Like ( 2)
ade, 25 Oct 2013:
itu memakai bidang miring
Like ( 3)
36.85.151.216, 12 Mar 2014:
Apa perbedaan baja dan bidang miring??

Like ( 1)
denny cagur, 13 Sep 2014:
Memperkecil gaya gesek dan supaya tenaga yg diperlukan tidak besar Like ( 74)
clarence, 14 Sep 2014:
baja itu logam -.- bidang miring itu pesawat sederhana --.--
Like ( 0)


Soal :IPA/Olimpiade IPA (email dari muhammad fajrul haq)/No.32

Organisme autotrof ditandai dengan ...

Bahasan:
Organisme autotrof merupakan organisme yang dapat mengubah bahan anorganik menjadi organik (dapat membuat makanan sendiri) dengan bantuan energi seperti energi cahaya matahari dan kimia.

Comments:

12, 15 May 2014:
THANKS
Like ( 0)
clarence, 14 Sep 2014:
wewaku jwb ngwur tp bener akunkls 7 sekarang
Like ( 0)


 
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257