Bahasan IPA

Halaman:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255   


Soal :IPA/Latihan BSE6-2010-UMIH-2/No.6

Hewan di bawah ini melakukan perkembangbiakan dengan cara ...

Bahasan:
Contoh hewan yang berkembang biak dengan tunas adalah Hydra dan Anemon laut.
Hydra merupakan hewan bersel banyak. Hydra hidup di air. Perkembangbiakan pada Hydra diawali dengan tumbuhnya tunas kecil pada bagian tubuh Hydra dewasa. Tunas semakin membesar dan tumbuh menjadi hewan baru yang melekat pada induknya.
Setelah tunas membesar dan dapat menangkap makanan sendiri, maka tunas akan melepaskan diri dari induknya dan menjadi Hydra baru yang bebas. (sumber: BSE)

Comments:

110.138.72.132, 16 Apr 2013:
hydra bukanya membelah diri ya? Like ( 1)
marcella olivia, 16 Apr 2013:

hydra bukanya membelah diri?????

Like ( 50)
Gilbert Karsten, 16 Apr 2013:
Hydra menggandakan diri dengan cara tunas. Karena jika Hydra membelah diri badannya akan menjadi dua. Sedangkan tunas, hanya mencabangkan badannya bukan membelah badannya. Like ( 36)
Christopher, 24 Apr 2013:
paantesan.

Like ( 50)
orang cantik, 27 Apr 2013:
beneran. tpi setau aku membelh diri deehh..
Like ( 566)
aqsal, 03 May 2013:
kalau hydra membeah diri , kenapa di gambarnya ada tunas nya kok nggak terpisah
Like ( 0)
sri rizkiy kobela, 21 Aug 2014:
haydra itu hewan apa ya??? Like ( 15)


Soal :IPA/Latihan BSE6-2010-UMIH-1/No.2

Ciri khusus yang dimiliki oleh kelelawar adalah ...

Bahasan:

Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Sayap kelelawar berbeda dengan sayap burung. Sayap kelelawar terbuat dari selaput tipis yang membentang antara tulang-tulang jari dan tulang lengannya. Pada bagian atas tiap-tiap sayap terdapat cakar yang digunakan untuk melekat pada batuan saat menggantung di dinding gua.

Kelelawar tidak memiliki penglihatan yang tajam. Dengan demikian, bagaimana kelelawar dapat mencari makanan pada malam hari yang gelap gulita? Kelelawar memancarkan bunyi yang sangat tinggi (ultrasonik) dari mulutnya. Bunyi tersebut kemudian dipantulkan ke telinga kelelawar dalam bentuk gema oleh benda atau makhluk yang berada di sekitar kelelawar. Dengan mendengar bunyi pantulan inilah, kelelawar dapat memperkirakan jarak rintangan atau makanan yang berada di sekitarnya.(ekolokasi)

Comments:

DINI, 02 Feb 2013:
OOOH BULET
Like ( 3)
Rosa cah Meteseh, 11 Sep 2013:
soalnya mudah mudah... :(

Like ( 167)
salsabila VI, 12 Aug 2014:
sangat sangat bagus terima kasih info nya sekarang aku tahu sayap kelalawar terbuat dari apa? Like ( 2)
Tim mbo ti, 18 Aug 2014:
Makasih atas infonya Like ( 0)


Soal :IPA/EBTANAS 2003/No.8

Tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif adalah ........

Bahasan:

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami terdiri dari:

1.membelah diri
contoh: ganggang hijau


2.spora
Spora merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan. Spora dibentuk dan disimpan di dalam kotak spora yang disebut sporangium. Sporangium pada tumbuhan paku terletak dibalik daun.
Contoh: tumbuhan paku, jamur, suplir, ganggang
*paku tanduk rusa
*suplir
*jamur

3.akar tinggal
Akar tinggal (rizoma) adalah batang yang tertanam dan tumbuh di dalam tanah. Batang tersebut tumbuh secara mendatar dan tampak seperti akar
Ciri-ciri akar tinggal:
- mirip akar tetapi berbuku-buku dan pada ujungnya terdapat kuncup
- pada setiap buku terdapat daun yang berubah menjadi sisik
- pada setiap ketiak sisik terdapat tunas
Contoh: jahe, lengkuas, temu lawak, kunyit, alang-alang dan rumput
*temu lawak
*kunyit

4.umbi lapis
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah: bawang bombay, bawang merah, bawang putih, bunga bakung, bunga tulip
*bawang bombay
*bunga bakung

5.umbi batang
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang adalah: kentang dan ubi jalar
*ubi jalar

6.Umbi akar
Ciri-ciri umbi akar:
- tidak berbuku-buku
- tidak mempunyai kuncup dan daun
- tidak mempunyai mata tunas
Contoh: wortel dan bunga dahlia
*wortel
*bunga dahlia

7.geragih
Geragih (stolon) adalah batang yang menjalar di atas atau di bawah permukaan tanah.
# Contoh tumbuhan bergeragih di atas permukaan tanah adalah arbei, pegagan, semanggi.
*pegagan
*semanggi

# Contoh tumbuhan bergeragih di bawah permukaan tanah adalah rumput teki

*rumput teki

8.tunas
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah: pisang, cocor bebek, bambu, sukun, cemara
*pisang

*cocor bebek

Comments:

180.252.199.199, 30 Mar 2012:
keren banget, nilaiku jadi 100 Like ( 7)
hilmi, 21 May 2012:
yah Like ( 0)
elvie, 13 Aug 2012:
Aku cuma mau bilang kalo tunas pisang beda dgn tunas cocor bebek...
Tunas pisang keluar dari akar sebatang pohon yang menjalar menjadi individu baru,akar ini disebut akar adventif.... Tunas cocor bebek berasal dari tunas-tunas yang ada di ketiak daun.. tunas yang seperti ini disebut tunas adventif... kalo salah bilang yaaa!!!!
Like ( 42)
Iko, 13 Aug 2012:
Trims Elvi atas tambahan penjelasannya..Sumbernya dari mana sih? Like ( 3)
elvie, 14 Aug 2012:
Iya deh,kalo iko bilang gitu..trims juga atas penghormatannya... aku dapet materi itu di segala buku dan tv...

Like ( 2)
RHS IKS, 20 Sep 2012:
HALO TEMAN TEMAN HAI HAYO LAGI NGAPAIN HAYO

Like ( 0)
Yoona seohyun, 25 Sep 2012:
085731725834 Like ( 38)
Ardi, 25 Sep 2012:
Yoona kmarin aq sms aq ajak ktemuan trnyata cntikk  Like ( 1)
keshya, 25 Sep 2012:
masak siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeeeeeeee Like ( 0)
aislay, 22 Dec 2012:
soalnya kurang jelas,seharusnya hrs dijelasin vegetatif alami ap vegetatif buatan.klu vegetatif alami:tunas(pisang),klu vegetatif buatan:cangkok(mangga).yang jelas dong! Like ( 56)
syeila magfiroh, 06 Feb 2013:
makasih Like ( 0)
zairina fitrian haqi, 20 Apr 2013:

like adja deh

Like ( 21)
K, 04 May 2013:
dikirain mah vegetatif buatan =_=''

Like ( 0)
aqsal, 04 May 2013:
oke Like ( 0)
siti rahmawati, 07 May 2013:
..ohhhh emang tumbuhan vegetatif ,ada tunasnya juga

Like ( 0)
orang, 20 May 2014:
iya kelessssssssszzzzzxxxxxxzzzzzzzzzzz
Like ( 19)
amelia, 15 Aug 2014:
keren aku jadi gak dimarahin guru nih     Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
akusenang punya temanbaik Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
akupuna Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
aku bernama mayaaku mempunyaikakak bernama lenyandriani akumempunyai ade bernama maharani Like ( 1)


 
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255