Bahasan IPA

Halaman:
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330 331   


Soal :IPA/EBTANAS 2001/No.15

Cara menjaga kelestarian tanah di lereng gunung ialah...

Bahasan:
sengkedan itu sama dengan tera sering, biasanya sengkedan itu digunakan lahan pertanian atau sawah di daerah yang miring, seperti di pegunungan, lereng gunung. Hal ini supaya tanah tidak terjadi longsor dan mencegah terjadinya erosi. Selain itu juga untuk menghemat air.

Comments:

Alexander Ivan, 09 Apr 2013:
Harusnyakan reboisasi.Kan melestarikan tanah di lereng gunung.Kalau sengkedan untuk mencegah erosi & longsor di lereng gunung kan.

Like ( 56)
39.218.158.64, 24 Jan 2014:
ya kan yang ditanya lereng gunung...??????
Like ( 4)
202.67.46.17, 05 May 2014:
Sip Like ( 3)
N, 18 Feb 2015:
kalo di lereng gunung itu terasering atau pagar atau juga sengkedan
kalo di hutan baru reboisasi biar ga gundul
Like ( 2)
nk, 14 Apr 2015:
betul!!! dilereng gunung harus dibuat sengkedan seperti petani supaya irit air menjaga longsor
Like ( 5)
kepo lah anda, 10 May 2015:
HUHUHUH... SALAH MULU'AKU
AKU KAN MAU UN
JADI HARUS SEMANGAT
Like ( 1)
Azyumar, 18 May 2016:
i bagus banget mirip sama soalnya
coba soal aku semuanya sama kaya gini.
Like ( 46)
alinur, 05 Aug 2016:
yang ditanya yaitu jawaban nya Like ( 1)


Soal :IPA/EBTANAS 2004a/No.3

Segumpal tanah kebun dimasukkan ke dalam gelas berisi air, diaduk rata kemudian didiamkan beberapa saat ternyata berbentuk lapisan-lapisan terlihat pada gambar di bawah ini

Yang merupakan,bagian tanah halus adalah ........

Bahasan:
Tanah merupakan bagian terbesar penyusun kerak Bumi. Kerak Bumi terdiri atas:
a. Lapisan atas, merupakan lapisan yang terbentuk dari hasil pelapukan batuan dan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Lapisan itu merupakan tanah yang paling subur. Lapisan ini biasa disebut tanah humus.
b. Lapisan tengah, terbentuk dari campuran antara hasil pelapukan batuan dan air. Lapisan tersebut terbentuk karena sebagian bahan lapisan atas terbawa oleh air dan mengendap. Lapisan ini biasa disebut tanah liat/tanah halus.
c. Lapisan bawah, merupakan lapisan yang terdiri atas bongkahan-bongkahan batu. Di sela-sela bongkahan terdapat hasil pelapukan batuan. Jadi, masih ada batu yang belum melapuk secara sempurna.
d. Lapisan batuan induk, berupa bebatuan yang padat.

Untuk lebih jelasnya pehatikan gambar berikut:

Comments:

aisyah, 02 Jan 2013:
susah pada soal tentang tanah Like ( 20)
rima, 12 Feb 2015:
Kok susah binggo sih  , gk FAHAM . Like ( 8)
yumna, 25 Apr 2015:
Nggak ngeryi tentang tanah 😛👧👊👋👌👍👎👏👆👇👈👉👐💡💁💁💁👤👥👹👣👠👡 Like ( 8)
neve, 28 Apr 2015:
paling susah tentang tanah bukan yang di IPA menurut gue hahahahaha!!!
menuruk lho....... bagaimana?

Like ( 3)
Stacie Mclaren, 19 Jan 2016:
Kurang lengkappp, kurang rinci, kurang jelas,,,,,, apalah apalah,,,,,.... Like ( 1)
mumun, 19 Jan 2016:
udah bagus kok, makasih infonya... :) Like ( 3)
Intan, 28 Feb 2016:
Makasih buat infonya ya Like ( 0)
tirr, 23 Mar 2016:
Bukannya yang paling halus humus ya? atau bisa disebut tanah yang paling atas yang paling subur. 

Like ( 0)
Rafeh ahmed, 06 May 2016:
@tirr aku setuju samu kamu. bukannya tanah yg paling atas yg paling halus ya Like ( 0)
Shaumi, 21 May 2016:
Kurang lengkap Like ( 0)
Shaumi, 21 May 2016:
Paling benci prlajaran sains Like ( 0)
Shaumi, 21 May 2016:
Ngask suka 😈 Like ( 0)
Anindya kayla eral , 05 Aug 2016:
Get DUNKED On.........  Like ( 100)


Soal :IPA/EBTANAS 2003/No.24

Sel darah merah disebut ........

Bahasan:

Sel darah merah, eritrosit (en:red blood cell, RBC, erythrocyte)[1] adalah jenis sel darah yang paling banyak dan berfungsi membawa oksigen ke jaringan-jaringan tubuh lewat darah dalam hewan bertulang belakang. Bagian dalam eritrosit terdiri dari hemoglobin, sebuah biomolekul yang dapat mengikat oksigen. Hemoglobin akan mengambil oksigen dari paru-paru dan insang, dan oksigen akan dilepaskan saat eritrosit melewati pembuluh kapiler. Warna merah sel darah merah sendiri berasal dari warna hemoglobin yang unsur pembuatnya adalah zat besi. Pada manusia, sel darah merah dibuat di sumsum tulang belakang, lalu membentuk kepingan bikonkaf. Di dalam sel darah merah tidak terdapat nukleus. Sel darah merah sendiri aktif selama 120 hari sebelum akhirnya dihancurkan.[2]

Sumber: wikipedia

Comments:

aa, 02 Dec 2011:
kirain eritrosit Like ( 5)
Admin, 02 Dec 2011:
Betul, sel darah merah itu eritrosit
Like ( 3)
saya, 10 Apr 2012:
harusnya hemoglobin
Like ( 54)
yuni, 01 Dec 2012:
asyik..... Like ( 2)
ismah, 14 Feb 2013:
Paling pintar memang oke dehhh

Like ( 2)
Ismah, 14 Feb 2013:
aku pikir leukosit,,

Like ( 2)
afifatul mahgfiroh, 02 Mar 2013:
belajar di palingpintar memang asyiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik sekali
Like ( 1)
36.81.79.180, 11 Mar 2014:
klo hemoglobin itu apanya kak

Like ( 0)
febrianti yuninda , 04 Jul 2014:
aq belajar di paling pintar membuat aq pintar
Like ( 0)
Nadine Aurelia, 19 May 2015:
baru tau:D likesnya dooong Like ( 75)
Nadine Aurelia, 19 May 2015:
Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi @36.81.79.180 :) Like ( 3)
Anindya kayla eral , 05 Aug 2016:
Ooooo.....  Begitu ^_^ Like ( 100)


 
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330 331