Bahasan IPA

Halaman:
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330 331 332 333 334 335 336 337 338 339 340 341 342 343 344 345 346 347 348 349 350 351   


Soal :IPA/Latihan BSE6-2010-UMIH-1/No.5

Hewan-hewan berikut ini yang tidak menggunakan sistem ekolokasi adalah ....

Bahasan:

Ekolokasi, juga disebut biosonar, adalah sonar biologi yang digunakan oleh beberapa jenis hewan. Hewan ini  memancarkan panggilan keluar ke lingkungan dan mendengarkan gema mereka panggilan yang kembali dari berbagai objek di dekat mereka. Mereka menggunakan gema untuk mencari dan mengidentifikasi objek. Ekolokasi digunakan untuk navigasi dan untuk mencari makan (atau berburu) di berbagai lingkungan.

Hewan Ekolokasi mencakup beberapa mamalia dan burung sedikit; terutama microchiropteran kelelawar dan odontocetes (paus bergigi dan lumba-lumba), tetapi juga dalam bentuk yang lebih sederhana dalam kelompok-kelompok lain seperti Tikus, salah satu genus dari megachiropteran kelelawar (Rousettus) dan dua kelompok hunian gua burung, yang disebut walet di Aerodramus genus (sebelumnya Collocalia) dan caripensis Oilbird berhubungan Steatornis.

Comments:

NO NAME, 08 Feb 2014:
KELAWAR WOY. BUTUT Like ( 26)
Handrata Roy Josia M, 23 Apr 2014:
Hey.. Kelelawar itu! Aku jadi salah gara kau. NAKAL KALI. Bikin pembahasan tak benar. LICIK! RUBAHLAH ITU. TAK DAPAT 10 AKU TRY OUT GARA-GARA KAU. CARI MASALAH AJA! Like ( 126)
180.214.233.89, 23 Apr 2014:
HAHAHAHAHA Like ( 8)
Handrata Roy Josia M, 23 Apr 2014:
Hey.. Kelelawar itu! Aku jadi salah gara kau. NAKAL KALI. Bikin pembahasan tak benar. LICIK! RUBAHLAH ITU. TAK DAPAT 10 AKU TRY OUT GARA-GARA KAU. CARI MASALAH AJA! PINTAR KALI BUKAN! SANGAT BERKUALITAS DAN TIDAK ADA GUNA! LANJUTKAN! Like ( 57)
aneh aneh aj, 10 May 2014:
kan yang tidak menggunakan sistem ekolokasi, geblek, jgn sotoy dolo, baca pertanyaan

Like ( 1)
namaku ora penting, 11 Apr 2015:
sing gawe soal GUOBLOK
Like ( 2)
anak imut, 23 May 2015:
sak jane soalnya itu di rubah menjadi = "hewan - hewan berikut ini yang menggunakan sistem ekolokasi adalah.............."

NB:baru itu jawabannya orang2 semua bisa semua & bisa di mengerti.
Like ( 0)
ALFI SAHRI, 09 Feb 2016:
 JAWABANE= B  KALELAWAR .SIAPA YANG BUAT SOAL?
Like ( 0)
rava, 18 Nov 2017:
kan yang bukan Like ( 0)


Soal :IPA/UAN 2007a/No.8

Hubungan antara bunga anggrek dan pohon mangga disebut simbiosis ........

Bahasan:

Makhluk hidup membutuhkan hubungan dengan makhluk hidup yang lain. Beberapa makhluk hidup mengalami hubungan khusus yang disebut simbiosis. Simbiosis dapat dibedakan menjadi simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Berikut pengertian ketiga simbiosis dan contohnya.

Simbiosis mutualisme ialah hubungan dua makhluk hidup yang saling menguntungkan.

  • kupu-kupu dengan bunga
  • kerbau dengan burung jalak
  • lebah dengan bunga

Simbiosis komensalisme ialah hubungan dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak sedang pihak yang lain tidak dirugikan.

  • ikan remora dengan hiu
  • tanaman anggrek dengan pohon jeruk
  • tanaman paku dengan pohon yang ditumpanginya
  • anggrek dengan pohon mangga
  • ikan badut dengan anemon laut

Simbiosis parasitisme ialah hubungan dua makhluk yang salah satu diuntungkan dan pihak yang lain dirugikan.

  • benalu dengan tumbuhan inang
  • tali putrid dengan tanaman yang ditumpanginya
  • kerbau dengan kutu
  • bunga arnoldi raflesia dengan kan tumbuhan yang ditumpangi
  • cacing perut dan cacing tambang yang hidup di dalam usus manusia

Comments:

Nama, 20 Feb 2012:
minta penjelasannya dong.. Like ( 7)
Admin, 20 Feb 2012:
@nama yang baik,  Simbiosis komensalisme ialah hubungan dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak sedang pihak yang lain tidak dirugikan: anggrek dengan pohon mangga

Bunga anggrek tumbuh menempel pada pohon. Bunga anggrek memperoleh keuntungan dengan memakan sisa-sisa kotoran kayu. Sementara, pohon inang tidak mendapat keuntungan dan tidak dirugikan.
Like ( 8)
125.162.38.148, 21 Apr 2012:
,/m,, Like ( 3)
Nauval Dewangga Putr, 12 Sep 2012:
zz Like ( 2)
talitha, 07 May 2013:
okk Like ( 3)
occa anjeli vikasari, 15 Feb 2014:
thank's Like ( 2)
meee..., 24 Nov 2014:
thanks yaa... pengertiannya
Like ( 3)
naila, 10 Mar 2015:
Thanks 

Like ( 2)
naila, 10 Mar 2015:
Thanks 

Like ( 2)
naila, 10 Mar 2015:
Thanks 

Like ( 2)
naila, 10 Mar 2015:
Thanks 

Like ( 2)
naila, 10 Mar 2015:
Thanks 

Like ( 2)
naila, 10 Mar 2015:
Thanks 

Like ( 2)
Naila Elza 😉, 10 Mar 2015:
😃😉😁😊👍👍👏 Like ( 4)
103.246.201.27, 11 Mar 2015:
thx Like ( 2)
roddy chandra, 11 Mar 2015:
terima kasih atas soal dan penjelasanya Like ( 0)
Ulya, 31 Mar 2015:
Oke Like ( 0)
velia khaerunnisa, 25 Apr 2015:
pohon mangga adalah salah satu tumbuhan yg di rugikan oleh tumbuhan anggrek karena pohon anggerek menempel pada pohon pohon anggerek sangat merugikan pohon yg ditumpanginya katrena tumbuhan anggerek selalu menggambil makanan atau sisa sisa makanan pohon yang di tumpanginya
Like ( 1)
made artama, 07 Nov 2015:
😈😇😮😴😢😰😤😱😜😛😝🐶🐕🐢🐬🐲 Like ( 0)
made artama, 07 Nov 2015:
😈😇😮😴😢😰😤😱😜😛😝🐶🐕🐢🐬🐲 Like ( 0)
made artama, 07 Nov 2015:
😈😇😮😴😢😰😤😱😜😛😝🐶🐕🐢🐬🐲 Like ( 0)
made artama, 07 Nov 2015:
😈😇😮😴😢😰😤😱😜😛😝🐶🐕🐢🐬🐲 Like ( 0)
imi, 22 Nov 2015:
thanks so much Like ( 0)
RAJA, 19 Feb 2016:
Thank you

Like ( 0)
awa, 19 Oct 2016:
I Like ( 1)
King Fatih, 21 Oct 2016:
Thanks Like ( 0)
120.188.76.192, 22 Jan 2017:
Terima kasih
Atas bantuanya
Like ( 0)
isma, 24 Jan 2017:

dadi bcah ojo kemlelet ngerti opo ora

Like ( 0)
ulmi, 24 Jan 2017:
thank you
Like ( 0)
39.248.113.157, 26 Jan 2017:
Thank `S 
Sangat membantu
Like ( 0)
36.74.103.32, 02 Feb 2017:
Thanks You😋😋😋😋 Like ( 0)
sherenina, 13 Feb 2017:
lo punya otok atau nda jalan baik baik jangan ada lubang terus sengaja jatuh itu namanya konyol

Like ( 0)
dimitri, 13 Feb 2017:
lo juga pakai mata kalau melihat jangan melihat cowo yang suka ba rokok Like ( 0)
jiakole palejika, 13 Feb 2017:
jangan seperti smp yang menjijikan taitu main main luda dan  ba rokok itu perbuatan yang sangat menjijikan makanya semua orang jangan masuk di smp masuk di sekolah smp frater don bosco yang terkenal dan paling displin Like ( 0)
gjb, 20 Apr 2017:
Thank you

Like ( 0)
gjb, 29 Apr 2017:
thank you Like ( 1)
114.124.204.127, 03 Nov 2017:
Thanks Like ( 0)
112.215.238.74, 16 Nov 2017:
Bagus😃😃😃
Buat anak anak dapat ilmu pengetahuan alam

Like ( 0)
112.215.238.74, 16 Nov 2017:
Thanks you guys  Like ( 0)
112.215.238.74, 16 Nov 2017:
Thanks you guys  Like ( 1)


Soal :IPA/Latihan BSE6-2010-UMIH-5/No.10

Perhatikan gambar di bawah ini! Ruang hampa udara ditunjukkan oleh nomor ....

Bahasan:

Termos adalah alat untuk menyimpan benda agar suhunya tidak cepat berubah. Yang disimpan dalam termos biasanya adalah air. Termos dirancang dengan menggunakan sifat konduktor dan isolator panas. Suhu air yang terdapat di dalam termos akan bertahan lama karena energi panas tidak dapat merambat keluar.

Umumnya termos terbuat dari kaca berdinding dua lapis. Di antara kedua dinding kaca terdapat ruang hampa udara (vakum). Ruang hampa udara berfungsi sebagai isolator karena panas tidak dapat merambat di dalam ruang hampa udara.

Dinding bagian dalam termos terbuat dari bahan kaca yang mengkilap. Panas air tidak diserap bahan kaca melainkan dipantulkan kembali sehingga energi panas tetap berada di dalam termos.

Termos dilengkapi dengan tutup gabus dan bahan pelapis luar yang bersifat isolator. Dengan demikian energi panas tidak dapat keluar dari termos, akibatnya suhu air yang disimpan tetap panas seperti semula.

Comments:

hafid, 18 Dec 2012:

kalau buat soal dan jawaban yg benar,jawaban benar di salahkan

 

Like ( 4)
Admin, 19 Dec 2012:
Yang mana? Like ( 1)
Adnan Fadhil Yaser, 04 Feb 2013:
jawab D.4 kok tetep salah
Like ( 57)
Dewinda Nabila, 07 Feb 2013:
masa jawab d kok tetep salah
Like ( 1)
Admin, 09 Feb 2013:
Jawabannya 4, opsi D. Maaf ya adik-adik kuncinya berisi jawaban bukan pilihannya. Sekarang sudah betul. Tetap semangat!
Like ( 2)
risda, 09 Mar 2014:
ooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo Like ( 0)
103.10.60.222, 25 Nov 2014:
];][p][
Like ( 0)
diva , 16 Mar 2015:
dengan kayak gini aku jadi tahu tentang pelajaran ipa  Like ( 1)
Agil, 24 Aug 2017:
Ooooooooooooooooooooooooooooooooooo Like ( 0)
nahda zherlyna m., 06 Nov 2017:
sangat membantu dan bermanfaat Like ( 0)
harun olimpiade, 11 Nov 2017:
wah terima kasih Like ( 0)


 
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330 331 332 333 334 335 336 337 338 339 340 341 342 343 344 345 346 347 348 349 350 351