Bahasan IPA

Halaman:
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300   


Soal :IPA/Latihan BSE4-2010-ESWI-10/No.14

Tanaman pelindung dapat mencegah erosi dengan cara ...

Bahasan:
Tanaman pelindung dapat mencegah erosi yaitu daunnya menahan air.

Tanaman penutup tanah berperan: (1) menahan atau mengurangi daya perusak butir-butir hujan yang jatuh dan aliran air di atas permukaan tanah, (2) menambah bahan organik tanah melalui batang, ranting dan daun mati yang jatuh, dan (3) melakukan transpirasi, yang mengurangi kandungan air tanah. Peranan tanaman penutup tanah tersebut menyebabkan berkurangnya kekuatan dispersi air hujan, mengurangi jumlah serta kecepatan aliran permukaan dan memperbesar infiltrasi air ke dalam tanah, sehingga mengurangi erosi. (sumber: http://bebasbanjir2025.wordpress.com/teknologi-pengendalian-banjir/tanaman-penutup-tanah/)

Comments:

33.567.342.555, 12 Apr 2013:
Mbak klu daun itu diatas . kan erosi dibawah la bagian tumbuhan yg di bawah itu ya akar Mbak




Like ( 31)
naurah, 02 Apr 2014:
maaf saya mw tanya bukan kah jawaban nya b.akarnya melekatkan tanah? Like ( 3)
Hamida Rahmawati , 16 Apr 2014:
Masak daun yang menahan airnya?.Coba kalo ada soal "mengapa penanaman pohon di hutan penting sekali untuk  mencegah erosi?"jawabannya karena daunnya lebat.Menurut saya ,karena akarnya yang menahan  air.Erosi kan terjadi di tanah,masak yang ikut campur daun?.Mungkin perlu diteliti ulang .  Like ( 0)
8.37.227.42, 02 May 2014:
Om,saya ada pertanyaan .Masa daun bisa Menahan air ,sih. ok kalau gitu sudah dulu,ya.Thanks. Saya dari Mrs Abel Like ( 0)
8.37.227.42, 02 May 2014:
Om,saya ada pertanyaan .Masa daun bisa Menahan air ,sih. ok kalau gitu sudah dulu,ya.Thanks. Saya dari Mrs Abel Like ( 0)
8.37.227.42, 02 May 2014:
Om,saya ada pertanyaan .Masa daun bisa Menahan air ,sih. ok kalau gitu sudah dulu,ya.Thanks. Saya dari Mrs Abel Like ( 1)
Mrs Abel, 02 May 2014:
Om,saya ada pertanyaan .Masa daun bisa Menahan air ,sih. ok kalau gitu sudah dulu,ya.Thanks. Saya dari Mrs Abel Like ( 0)
clarence, 17 May 2014:
DI BUKU-BUKU YG MENCEGAH EROSI ITU BUKAN DAUN TAPI AKAR
Like ( 0)
112.215.66.81, 17 May 2014:
iko km anak mn? Like ( 0)
paling pintar S, 20 May 2014:

Tanaman pelindung dapat mencegah erosi yaitu daunnya menahan air.

Tanaman penutup tanah berperan: (1) menahan atau mengurangi daya perusak butir-butir hujan yang jatuh dan aliran air di atas permukaan tanah, (2) menambah bahan organik tanah melalui batang, ranting dan daun mati yang jatuh, dan (3) melakukan transpirasi, yang mengurangi kandungan air tanah. Peranan tanaman penutup tanah tersebut menyebabkan berkurangnya kekuatan dispersi air hujan, mengurangi jumlah serta kecepatan aliran permukaan dan memperbesar infiltrasi air ke dalam tanah, sehingga mengurangi erosi. (sumber: http://bebasbanjir2025.wordpress.com/teknologi-pengendalian-banjir/tanaman-penutup-tanah/)

BUKA SUMBER DI ATAS YANG BERCETAK MERAH BILA KALIAN TIDAK PERCAYA

Like ( 155)
VICA ayu wenda , 20 May 2014:
aku udah buka memng  paling pintar S
yg benar

MAKASIH

 

Like ( 5)
niken ayu nita, 20 May 2014:
aku juga udah buka memng  paling pintar S
yg benar makasih ya.....


Like ( 4)
Najwa Nurul Fatima, 19 Mar 2015:
Aku bingung nih. Di buku itu jawabannya akar. Cuman disini itu daun. Lagipula kalo dipikir-pikir juga kayaknya akar. Karena kan emang tumbuhan yg akarnya kecil itu bisa nahan air sekalipun banyak daunnya? Tapi, daun juga kalo diteliti lagi sih emang bener. Dan, aku liat di yg lain itu akar. Lagipula, daun itu kan tempat fotosintesis. Sementara yang menyerap air itu kan si akarnya itu. Terus yg bikin tanah kuat itu kan akarnya... Aku masih bingung...
Like ( 56)
NIo Perdana Azizudin, 19 May 2015:
tapi kayaknya gak masuk di UN
Like ( 0)
firda, 19 May 2015:
YHATU NIO,KAYAKNYA GAK MASUK TU DI UN,KITA BUKTIKAN AJA BESOOKK...........OKE?.......
KALAU MENURUT Q DI SOAL2 ITU SOALNYA SEPERTI INI CONTOH : BAGAIMANA CARA MNCEGAH EROSI
Like ( 1)


Soal :IPA/Latihan BSE4-2010-DSSU-2/No.7

Bagian lidah yang mampu mengecap rasa garam ditunjukkan oleh nomor

Bahasan:
bagian lidah pinggir belakang merasakan rasa asin.

Comments:

180.245.187.198, 26 Apr 2013:
harusnya yang D
Like ( 0)
aqsal, 03 May 2013:
kak kalau yang B itu pengecap rasa asam . coba kakak lihat buku DETIK-DETIK UJIAN NASIONAL nanti yg nomor 2 itu la pengecap asam . yg D itu baru asin
Like ( 0)
36.69.19.156, 23 Feb 2014:
Web ini slh seharusnya yg D asin yg Like ( 0)
clarence, 16 May 2014:
BETUL ITU!
Like ( 0)
cco, 20 May 2014:
WOI!HARUSNYA D!DI BUKU2 YA YANG D BUKAN B!
Like ( 0)
NQD, 26 Mar 2015:
Seharusnya, D!!! Like ( 1)
intan, 19 May 2015:
seharus nya d

Like ( 0)


Soal :IPA/EBTANAS 1998/No.24

Bagian lidah yang peka terhadap rasa pahit ditunjuk oleh ...

Bahasan:

  • Rasa Asin = Lidah Bagian Depan
  • Rasa Manis = Lidah Bagian Tepi
  • Rasa Asam / Asem = Lidah Bagian Samping
  • Rasa Pahit / Pait = Lidah Bagian Belakang

Comments:

Wiki, 15 Nov 2012:
itu kalau memang  nomor satu angkanya jangan dirubah-rubah itu sebabnya kita gk tahu yang mana kita harus bedakan Like ( 3)
Iko, 16 Nov 2012:
@Wiki, maksud?
Like ( 3)
aura, 21 Jan 2015:
iya kak maksud nya ??? Like ( 4)
firda, 19 May 2015:
kan itu sudah jelas,rasa pahit itu ada di pangkal lidahh .........#_#
Like ( 2)


 
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300