Bahasan IPA

Halaman:
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330   


Soal :IPA/EBTANAS 2003/No.5

Ban mobil atau motor dibuat beralur. Hal ini bertujuan agar........

Bahasan:

Memperbesar gaya gesekan

Gaya gesekan dipengaruhi oleh permukaan benda. Gaya gesekan pada benda dapat diperbesar. Cara memperbesar gaya gesekan, yaitu sebagai berikut.

1) Memperkasar permukaan benda

Lihatlah alas sepatumu. Mengapa pada alas sepatu dibuat polapola garis tertentu? Alas sepatu biasanya dibuat beralur. Alas sepatu dibuat beralur supaya tidak mudah terpeleset pada saat berjalan atau berlari. Alas sepatu bola juga terdapat tonjolan-tonjolan. Hal itu bertujuan agar pemain tidak terpeleset pada waktu membawa ataupun mengejar bola. Permukaan ban mobil dibuat beralur. Hal itu bertujuan agar mobil tidak selip pada saat hujan.

2) Memperbesar luas permukaan benda

Memperbesar luas permukaan benda menjadikan gaya gesekan menjadi besar. Lihatlah ban mobil. Ban mobil dibuat dengan ukuran berbeda-beda. Ban dengan permukaan yang lebar mempunyai gaya gesekan yang besar. Dengan ukuran yang besar, kemungkinan terjadi selip sangat kecil.

Comments:

shera, 22 May 2012:
  1. I like your answer
  2. What a good answer
  3. And a good answer



Thanks for the answer
Like ( 16)
devina neala, 04 Jan 2013:
i like your answer thanks for the answer
Like ( 16)
Aswin van de vaart, 10 Jan 2013:
so far away
Like ( 4)
Dian, 08 Oct 2013:
terima kasih sya jawab salah, tapi sekarnag paham/

Like ( 4)
Annisa , 10 Jan 2014:
terima kasih :)

Like ( 4)
kaka, 24 Jan 2014:
thanks for your answervery very thanks
Like ( 3)
120.168.1.206, 10 Jun 2014:
halah gayane nganggo bhs inggris Like ( 26)
180.250.27.130, 15 Jul 2014:
afadfa Like ( 5)
ade, 15 Jul 2014:
@120.168.1.206
orang jawa y? ngomonge ndeso
@180.250.27.130
Ngawur

Like ( 4)
120.181.113.55, 24 Oct 2014:
aku pikir memperbesar gaya gesek
Like ( 2)
febri, 26 Oct 2014:
aku juga
Like ( 3)
meta, 08 Dec 2014:
Ra urus sok pinter lo

Like ( 2)
meta, 08 Dec 2014:
Ra urus sok pinter lo

Like ( 3)
imam, 06 Jan 2015:
Terima kasih atas jawabanya...sekarang aku jadi tau...

THANK YOU SO MACH.....

Like ( 3)
raihan , 07 Jan 2015:
iya , bermanfaat banget .,.. thanks tugas sekolah jd mudah

Like ( 3)
prilly latuconsina , 07 Jan 2015:
thanyou , makasih banget untuk ilmux
Like ( 2)
180.246.43.217, 09 Jan 2015:

Isa

Like ( 0)
devi, 13 Jan 2015:


Like ( 0)
Ragil Andhini, 14 Jan 2015:

Thanks atas jawabannya...............        

             Tpi maaaf seblumnya, mo tnya kenapa ban mobil dibuat beralur2?

thanks lgi atas jawabannya.............

Like ( 2)
fany nur anniasa, 16 Jan 2015:
THANKS ATAS JAWABANNYA
Like ( 2)
Rara, 19 Jan 2015:
Mangapa ban Mobil Dan ban sepeda di beralur  Like ( 1)
chyntia, 25 Jan 2015:
makasih atas infonya.........tapi knp ban mobil / motor dibuat beralur????????

Like ( 2)
Bella, 25 Jan 2015:
Makasih atas info nya yach :)


Like ( 14)
202.67.38.23, 22 Feb 2015:
Hebat

Like ( 27)
202.67.38.23, 22 Feb 2015:
Hebat

Like ( 0)
adinda, 01 Mar 2015:
good Like ( 1)
haruno nia, 08 Mar 2015:
thanks it very good Like ( 18)
yasmien, 16 Mar 2015:
sekarang aku jadi tau jawabannya... Like ( 0)
rifqi, 10 May 2015:
apik poll......... Like ( 29)
202.67.40.50, 10 May 2015:
kkkkkk Like ( 0)
aziqhah amalia, 13 May 2015:
Terimah kasih atas jawaban semua yaaa berkat semua saya dapat jawaban buat PR makasih yaa.... Like ( 1)
naruto, 23 May 2015:
anehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
Like ( 1)
naruto, 23 May 2015:
bercanda

Like ( 1)
naruto, 23 May 2015:
terima kasih aku tau jawabannya sekarang
Like ( 1)
rida hasna anjani, 08 Jun 2015:
terimakasih udah kasih tau jawabnnya..

Like ( 23)
Ella, 05 Oct 2015:
Terima kasih sekarang aku sudah tau jawabannya terima kasih sebanyak banyaknya Like ( 2)
Ella, 05 Oct 2015:
Terima kasih sekarang aku sudah tau jawabannya terima kasih sebanyak banyaknya Like ( 8)
36.68.19.227, 10 Jan 2016:
noob
Like ( 46)
selsa , 13 Jan 2016:
terima kasih atas jawabannya Google 👍 Like ( 0)
168.235.195.205, 14 Jan 2016:
Makasih jawabnyya...👍👍👍 Like ( 0)
kurnia saputra, 24 Jan 2016:
terima kasihh ya gitt...  Like ( 0)
kurnia saputra , 24 Jan 2016:
ehh sorryy makasih yaa google Like ( 0)
kurnia saputra, 24 Jan 2016:
terima kasihh ya gitt...  Like ( 0)
180.253.227.213, 25 Jan 2016:
kagak ngerti :p
Like ( 2)
168.235.196.39, 25 Jan 2016:
Mengapa ban dibuat beralur ?
Mengapa ban dibuat beralur ?

Like ( 0)
febi cermat, 27 Jan 2016:
Ok aku setuju thankyou so much semoga bermanfaat ya jawabannya amiiiiiiiinnnnnn👍✅✔like

Like ( 1)
Salsa bila R.A, 01 Mar 2016:
Terimakasih infonya 

Like ( 0)
Ariqahnaurah, 03 May 2016:
Makasihh atas jwbnnya yaaa💓☺☺😊

Like ( 0)


Soal :IPA/UAN 2006c/No.29

Perhatikan gambar di bawah ini! Agar jungkat - jungkit setimbang, maka beban pada titik A harus dikurangi....

Bahasan:
F x lf = w x lw
(12,5 - N) x 4 = 8 x 2,5
50 - 4 N = 20
-4 N = 20-50
    N = -30/-4
    N = 7,5

Comments:

36.73.177.4, 22 Dec 2012:
hahahahahahahahahahahahah Like ( 6)
wkwkwk, 05 Feb 2013:
ini soal ipa tpi dalamnya ada matnya y?

kok bisa kak admin? tpi bgus juga soalnya

Like ( 35)
Gilbert Karsten, 05 Apr 2013:
Soalnya kok keren gini ya , rumusnya juga lucu

Like ( 2)
ADE IKA ZORIH, 26 Oct 2013:
F * If = w * lw
( 12,5 - N ) * 4 =8*2,5
50 - 4 N = 20
-4 N = 20 -50
N =-30/-4
N = 7,5
InI RuMuS ApAaN?????
SeTaU Aq gAk AdA RuMuS MtK KaYa gInI MuNgKiN Aq AjA PaLinG YaNg BeLuM TaU AtO RuMuS NyA PuNyA BeRmAcAm MaCaM VeRsIoN
 
Like ( 267)
paling pinteeeeeeerr, 27 Oct 2013:
kalian kali tg begoooooo
Like ( 0)
clarence, 16 May 2014:
kalo keluar di ujian bisa salah nih!100% g ngertos!
Like ( 0)
HEROxx123, 18 May 2014:
F x lf = w x lw
(12,5 - N) x 4 = 8 x 2,5
50 - 4 N = 20
-4 N = 20-50
    N = -30/-4
    N = 7,5
ini rumusnya gk jelas bgt gw aja sampe gak ngerti
Like ( 0)
DisTaNce, 10 Feb 2015:
z,
itu kg kenapa jadi newton =,=
Like ( 0)
vany, 01 May 2016:

gak ngerti gua.....mmmm bahambug

Like ( 0)


Soal :IPA/UAN 2005b/No.14

Pemanfaatan bioteknologi untuk mencegah kepunahan tumbuhan dan hewan tertentu di antaranya ...

Bahasan:
Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
Kultur jaringan adalah suatu metode untuk mengisolasi bagian dari tanaman seperti sekelompok sel atau jaringan yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik, sehingga bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri tumbuh menjadi tanaman lengkap kembali.
Inseminasi buatan merupakan bentuk bioteknologi dalam bidang reproduksi ternak.

Comments:

carissa ardiyanti, 09 Feb 2015:
Oooooooooo... Like ( 37)
bogang, 10 Feb 2015:
ooooooooooooooooooooooo
ooooooooooooooooooooooo
ooooooooooooooooooooooo
ooooooooooooooooooooooo
oooooooooooooooooooooopil
Like ( 12)
Novalia safitri, 24 Mar 2015:
OOOOOOOOOOO......... GITU TOO... Like ( 1)
Najiyah Al Mujahidah, 23 Apr 2015:
OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO
Like ( 0)
222.124.14.217, 01 May 2016:
OOOOOOOOOOOOO.................. Like ( 0)
222.124.14.217, 01 May 2016:
OOOOOOOOOOOOO.................. Like ( 0)
222.124.14.217, 01 May 2016:
OOOOOOOOOOOOO.................. Like ( 0)


 
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329 330