Bahasan IPA

Halaman:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255   


Soal :IPA/Latihan BSE6-2010-UMIH-2/No.14

Tanaman kelapa berkembang biak dengan ...

Bahasan:
Kelapa berkembang biak dengan biji, tumbuh di daerah tropika, pada ketinggian 0- 700 meter di atas permukaan laut.

Comments:

203.78.119.101, 29 Nov 2012:
ngawur........ Like ( 2)
zulkifly, 15 Dec 2012:
bukannya kelapa berkembangbiak dengan tunas? lha terus gimana cara memperoleh biji?
Like ( 2)
Iko, 15 Dec 2012:
Yang berkembangbiak dengan tunas contohnya pisang, tumbuh tunas di sebelah tanaman induk. Kalau kelapa ya dari buah kelapanya... Like ( 2)
Nasyila , 16 Feb 2013:
Lho bukannya tunas ya? soalnya kelapakan mirip sama pisang Like ( 2)
Ais, 22 Feb 2013:
Ne yg bener kelapanya kale yaa .......... tunas kelapa, ga ada biji kelapa, o'on Like ( 4)
Anra, 07 Mar 2013:
Admin.. Atau siapapun aku mau tanya kenapa bisa jawabannya biji?? Dimana mana kelapa itu tunas.. Biasanya perkebunan itu nanem tunas kelapa buat bikin pohon kelapa.. Jadi yang mana nih yang tepatnya?  Like ( 1)
Iko, 07 Mar 2013:
Tunas kelapa muncul dari buah/biji kelapa...tunas kacang muncul dari biji kacang..Mereka berkembang biak dengan biji/buah. Like ( 8)
linda, 19 Apr 2013:
menurut sumber yang saya ketahui, kelapa berkembang biak dengan tunas yg sering kita kenal dng tunas kelapa. tlg tunjukkan referensi buku yang mendukung jawaban anda jika kelapa berkembang biak dengan biji. terima kasih
Like ( 1)
nabil, 02 May 2013:
emangnya kelapa punya biji
Like ( 1)
hudy, 27 Aug 2013:
Bener kelapa berkembang biak dengan biji/buah, kalau berkembang biak dengan TUNAS, maka tunas itu akan muncul langsung dari pangkal induk tanaman seperti pohon pisang, tebu dan bambu, sedangkan tunas kelapa muncul dari buah atau biji seperti halnya kacang2an. Tksh Like ( 8)
EL, 06 Dec 2013:
Kelapa berkembang biak dengan biji/buah,

Like ( 4)
-_-_-_-, 08 Dec 2013:
bukannya kelapa tunas???
Like ( 7)
$@!$@, 24 Jan 2014:
banyaj orang bilang kelapa berkembang biak dgn bertunas dalam sains kelapa berkembang biak dengan biji












Like ( 0)
evel, 28 Jan 2014:
saya dengar ada 2 pendapat tentang perkembang biakan pohon kelapa,yaitu tunas dan biji.tapi, kalau menurut saya sih biji.

Like ( 1)
Aulia Endini, 30 Mar 2014:
setau aku sih !! memang kelapa berkembang biak dengan biji :)

Like ( 0)
112.215.66.72, 04 Apr 2014:
           
Like ( 0)
dava, 10 Apr 2014:
  • kelapa itu kan tunas............

Like ( 1)
Anjelita Puspita, 19 Apr 2014:

yang bener itu tunas atau biji ??

Like ( 0)
m ghozi tr, 05 May 2014:

tunasssssss

Like ( 0)
223.164.50.213, 14 May 2014:
HAAAAAA??

Like ( 0)
syofian, 15 May 2014:

OOO...

Like ( 0)
Gandhi, 20 May 2014:
Yang bener itu biji Like ( 0)
nurul, 14 Aug 2014:
biji atau tunas sama aja
Like ( 0)
mamuy, 27 Aug 2014:
tunas kelapa itu lambang pramuka, bukan berarti kelapa berkembang biak dengan tunas. Tanaman yg berkembang biak dgn tunas, tunasnya tumbuh dari pangkal induk tanaman, sedangkan tunas kelapa tumbuh dari biji (batok/sabut kelapa). Oleh sebab itu, kelapa berkembang biak dengan biji/buah, bukan dengan tunas. Lain kali kalo ga ngerti, jangan ngotot apalagi ngomong kasar. Diskusilah dengan cara yang baik Like ( 0)
ninin, 27 Aug 2014:
kalau setauku  biji tumbuh berkeping2 lalu berbentuklah tunas dan saat itu mulai tumbuh akar
tapi ya? GTW
Like ( 0)
ninin, 27 Aug 2014:
biji tunas kelapa itu katanya pertama ditananm kecil makanya disebut biji KATANYA GURUKU.terus lama2 membesar dan disebut tunas tapi itu mah setauku
Like ( 0)


Soal :IPA/Latihan BSE6-2010-UMIH-2/No.6

Hewan di bawah ini melakukan perkembangbiakan dengan cara ...

Bahasan:
Contoh hewan yang berkembang biak dengan tunas adalah Hydra dan Anemon laut.
Hydra merupakan hewan bersel banyak. Hydra hidup di air. Perkembangbiakan pada Hydra diawali dengan tumbuhnya tunas kecil pada bagian tubuh Hydra dewasa. Tunas semakin membesar dan tumbuh menjadi hewan baru yang melekat pada induknya.
Setelah tunas membesar dan dapat menangkap makanan sendiri, maka tunas akan melepaskan diri dari induknya dan menjadi Hydra baru yang bebas. (sumber: BSE)

Comments:

110.138.72.132, 16 Apr 2013:
hydra bukanya membelah diri ya? Like ( 1)
marcella olivia, 16 Apr 2013:

hydra bukanya membelah diri?????

Like ( 50)
Gilbert Karsten, 16 Apr 2013:
Hydra menggandakan diri dengan cara tunas. Karena jika Hydra membelah diri badannya akan menjadi dua. Sedangkan tunas, hanya mencabangkan badannya bukan membelah badannya. Like ( 36)
Christopher, 24 Apr 2013:
paantesan.

Like ( 50)
orang cantik, 27 Apr 2013:
beneran. tpi setau aku membelh diri deehh..
Like ( 566)
aqsal, 03 May 2013:
kalau hydra membeah diri , kenapa di gambarnya ada tunas nya kok nggak terpisah
Like ( 0)
sri rizkiy kobela, 21 Aug 2014:
haydra itu hewan apa ya??? Like ( 15)


Soal :IPA/Latihan BSE6-2010-UMIH-1/No.2

Ciri khusus yang dimiliki oleh kelelawar adalah ...

Bahasan:

Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Sayap kelelawar berbeda dengan sayap burung. Sayap kelelawar terbuat dari selaput tipis yang membentang antara tulang-tulang jari dan tulang lengannya. Pada bagian atas tiap-tiap sayap terdapat cakar yang digunakan untuk melekat pada batuan saat menggantung di dinding gua.

Kelelawar tidak memiliki penglihatan yang tajam. Dengan demikian, bagaimana kelelawar dapat mencari makanan pada malam hari yang gelap gulita? Kelelawar memancarkan bunyi yang sangat tinggi (ultrasonik) dari mulutnya. Bunyi tersebut kemudian dipantulkan ke telinga kelelawar dalam bentuk gema oleh benda atau makhluk yang berada di sekitar kelelawar. Dengan mendengar bunyi pantulan inilah, kelelawar dapat memperkirakan jarak rintangan atau makanan yang berada di sekitarnya.(ekolokasi)

Comments:

DINI, 02 Feb 2013:
OOOH BULET
Like ( 3)
Rosa cah Meteseh, 11 Sep 2013:
soalnya mudah mudah... :(

Like ( 167)
salsabila VI, 12 Aug 2014:
sangat sangat bagus terima kasih info nya sekarang aku tahu sayap kelalawar terbuat dari apa? Like ( 2)
Tim mbo ti, 18 Aug 2014:
Makasih atas infonya Like ( 0)


 
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255