Bahasan IPA

Halaman:
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283   


Soal :IPA/UAN 2006a/No.22

Lemak nabati terdapat pada kelompok makanan ...

Bahasan:
Alpukat - nangka - kacang

Comments:

aqsal, 09 Apr 2013:
kok isok? Like ( 3)
pas, 25 Apr 2013:

salahnya karena apa


Like ( 0)
125.163.113.147, 09 Jan 2014:

sumber air sudah dekat

Like ( 1)
livia, 24 Feb 2015:
Bingung 7 keliling

Like ( 0)


Soal :IPA/EBTANAS 2003/No.8

Tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif adalah ........

Bahasan:

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami terdiri dari:

1.membelah diri
contoh: ganggang hijau


2.spora
Spora merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan. Spora dibentuk dan disimpan di dalam kotak spora yang disebut sporangium. Sporangium pada tumbuhan paku terletak dibalik daun.
Contoh: tumbuhan paku, jamur, suplir, ganggang
*paku tanduk rusa
*suplir
*jamur

3.akar tinggal
Akar tinggal (rizoma) adalah batang yang tertanam dan tumbuh di dalam tanah. Batang tersebut tumbuh secara mendatar dan tampak seperti akar
Ciri-ciri akar tinggal:
- mirip akar tetapi berbuku-buku dan pada ujungnya terdapat kuncup
- pada setiap buku terdapat daun yang berubah menjadi sisik
- pada setiap ketiak sisik terdapat tunas
Contoh: jahe, lengkuas, temu lawak, kunyit, alang-alang dan rumput
*temu lawak
*kunyit

4.umbi lapis
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah: bawang bombay, bawang merah, bawang putih, bunga bakung, bunga tulip
*bawang bombay
*bunga bakung

5.umbi batang
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang adalah: kentang dan ubi jalar
*ubi jalar

6.Umbi akar
Ciri-ciri umbi akar:
- tidak berbuku-buku
- tidak mempunyai kuncup dan daun
- tidak mempunyai mata tunas
Contoh: wortel dan bunga dahlia
*wortel
*bunga dahlia

7.geragih
Geragih (stolon) adalah batang yang menjalar di atas atau di bawah permukaan tanah.
# Contoh tumbuhan bergeragih di atas permukaan tanah adalah arbei, pegagan, semanggi.
*pegagan
*semanggi

# Contoh tumbuhan bergeragih di bawah permukaan tanah adalah rumput teki

*rumput teki

8.tunas
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah: pisang, cocor bebek, bambu, sukun, cemara
*pisang

*cocor bebek

Comments:

180.252.199.199, 30 Mar 2012:
keren banget, nilaiku jadi 100 Like ( 7)
hilmi, 21 May 2012:
yah Like ( 0)
elvie, 13 Aug 2012:
Aku cuma mau bilang kalo tunas pisang beda dgn tunas cocor bebek...
Tunas pisang keluar dari akar sebatang pohon yang menjalar menjadi individu baru,akar ini disebut akar adventif.... Tunas cocor bebek berasal dari tunas-tunas yang ada di ketiak daun.. tunas yang seperti ini disebut tunas adventif... kalo salah bilang yaaa!!!!
Like ( 42)
Iko, 13 Aug 2012:
Trims Elvi atas tambahan penjelasannya..Sumbernya dari mana sih? Like ( 3)
elvie, 14 Aug 2012:
Iya deh,kalo iko bilang gitu..trims juga atas penghormatannya... aku dapet materi itu di segala buku dan tv...

Like ( 2)
RHS IKS, 20 Sep 2012:
HALO TEMAN TEMAN HAI HAYO LAGI NGAPAIN HAYO

Like ( 0)
Yoona seohyun, 25 Sep 2012:
085731725834 Like ( 38)
Ardi, 25 Sep 2012:
Yoona kmarin aq sms aq ajak ktemuan trnyata cntikk  Like ( 1)
keshya, 25 Sep 2012:
masak siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeeeeeeeee Like ( 0)
aislay, 22 Dec 2012:
soalnya kurang jelas,seharusnya hrs dijelasin vegetatif alami ap vegetatif buatan.klu vegetatif alami:tunas(pisang),klu vegetatif buatan:cangkok(mangga).yang jelas dong! Like ( 57)
syeila magfiroh, 06 Feb 2013:
makasih Like ( 0)
zairina fitrian haqi, 20 Apr 2013:

like adja deh

Like ( 21)
K, 04 May 2013:
dikirain mah vegetatif buatan =_=''

Like ( 0)
aqsal, 04 May 2013:
oke Like ( 0)
siti rahmawati, 07 May 2013:
..ohhhh emang tumbuhan vegetatif ,ada tunasnya juga

Like ( 0)
orang, 20 May 2014:
iya kelessssssssszzzzzxxxxxxzzzzzzzzzzz
Like ( 19)
amelia, 15 Aug 2014:
keren aku jadi gak dimarahin guru nih     Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
akusenang punya temanbaik Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
akupuna Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
aku bernama mayaaku mempunyaikakak bernama lenyandriani akumempunyai ade bernama maharani Like ( 1)
adel , 24 Oct 2014:
gaya banget
Like ( 0)
May dita, 27 Dec 2014:
koq diatas gg adha vegetatif buatan terus gg adha penelasan tetang vegetatif buatan                  q jd pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinggggggggggggggggggg Like ( 1)
sapu, 12 Feb 2015:

Yg jelas donk klaw buat pertanyaan vegetatif apa alami / buatan .

Like ( 0)
iu, 22 Feb 2015:
ghootgj

Like ( 0)


Soal :IPA/Latihan BSE4-2010-DSSU-9/No.6

Bunyi tidak dapat merambat melalui ...

Bahasan:
ruang hampa

Dalam perambatannya gelombang bunyi berbentuk rapatan dan renggangan yang dibentuk oleh partikel-partikel perantara bunyi. Apabila gelombang bunyi merambat di udara, perantaranya adalah partikel-partikel udara. Gelombang bunyi tidak dapat merambat di dalam ruang hampa udara karena dalam ruang hampa tidak ada partikel-partikel udara.

Comments:

Nurul, 30 Mar 2012:
Bahasan-nya lebih diperjelas lagi kak,biar yg laen juga lebih jelas.........
Atas perhatiannya aku ucapin terima kasih..........
Like ( 22)
hasib hanafi anas, 22 Feb 2013:

ok rul

ak setuju

Like ( 30)
rimadwimaulina, 19 Apr 2013:
aku juga setuju 

Like ( 0)
aqsal, 19 Apr 2013:
bahasannya klu di ruang hampa tdk ada partikel udara maksudnya ya di dlm ruang hampa tdk ada sel udara yg bisa memantulkan udara . begitu looooooooooo.
Like ( 0)
melva, 21 Feb 2015:
ohh gitu ya ....
Like ( 1)


 
   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283