Bahasan IPA

Halaman:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329   


Soal :IPA/Latihan BSE4-2010-DSSU-2/No.1

Pada mata terdapat kelopak mata yang berfungsi ...

Bahasan:

Alis mata berupa rambut-rambut kecil yang berada di atas mata. Alis mata berfungsi menahan masuknya keringat ke mata. Kelopak mata terdiri atas kelopak mata atas dan bawah. Kelopak mata berfungsi membersihkan bola mata dan mencegah masuknya kotoran ke mata.

Pada kelopak mata dijumpai adanya bulu mata. Bulu mata berfungsi menahan debu dan melindungi mata dari cahaya yang menyilaukan.Pada kelopak mata bawah terdapat kelenjar air mata. Kelenjar ini berfungsi menghasilkan air mata. Air mata selalu membasahi bola mata sehingga mudah digerakkan. (sumber: BSE)

Comments:

samuel t sihombing, 03 Apr 2012:
wow dibuku gua kelopak mata itu berfungsi untuk membasahi mata
Like ( 2)
gdhdhd, 05 Apr 2012:


Like ( 2)
dito, 19 Apr 2012:
bukannya buat mbasahin mata?

Like ( 3)
Iko, 19 Apr 2012:
Dari crayonpedia:
Kelopak mata, berupa kulit tipis yang berfungsi untuk melindungi mata dari debu atau sentuhan benda.

Kelopak Mata.
Kelopak mata berguna untuk menutup bola mata. Pernahkah kamu memperhatikan orang yang sedang tidur? Bagaimana keadaan kelopak matanya? Kelopak mata akan segera menutup jika ada cahaya yang terlalu terang atau ada benda yang akan masuk ke mata. Tanpa disadari, kita sering berkedip (menutup dan membuka kelopak mata). Gerakan tersebut termasuk gerak refleks. Fungsi kelopak mata berkedip, adalah untuk membasahi mata, menggiring kotoran keluar dari mata, dan mengistirahatkan retina dari terpaan cahaya yang terus-menerus.

Kesimpulan: kayaknya fungsi kelopak mata melindungi mata deh, kalo berkedip baru membasahi mata...*peace*
Like ( 7)
tukang nasgor, 31 Mar 2013:
nasgor nasgor tok tok tok tok
Like ( 3)
MR.?, 31 Mar 2013:
kelopak mata untuk melihat Like ( 2)
Alexander Ivan, 30 Apr 2013:
Kalau membasahi mata itu kelenjar air mata.Kalau kita berkedip kelenjar air mata tertekan dan mengeluarkan air mata yang membasahi mata.
Like ( 7)
aqsal, 03 May 2013:
betul tu Alexander Ivan . kalau yg A itu retina , B ya itu jawabannya , yg C itu bulu mata , yg D kelenjar air mata
Like ( 1)
Dinar, 28 Jun 2013:
terus yang membasahi bola mata apa kak.......?????
Like ( 2)
ADE, 25 Sep 2013:
yang buat ngembasahin mata apa ya...... bingung nich
Like ( 1)
Reza, 10 Oct 2013:
yang ngebaasahi mata adalah kelenjar air yang terdapat pada sekitar mata... Like ( 1)
~MISTERY~, 10 Oct 2013:
Dikira untuk membasahi mata.. 
Like ( 1)
irnatha, 12 Jan 2015:
di gogle katanya kelopak mata buat membasahi bola mata ......bingung....
Like ( 1)
chap, 23 May 2016:
wew hebat
Like ( 0)
chap, 23 May 2016:
gua mau lulus sd euy mmmmwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww
Like ( 0)


Soal :IPA/EBTANAS 2004a/No.3

Segumpal tanah kebun dimasukkan ke dalam gelas berisi air, diaduk rata kemudian didiamkan beberapa saat ternyata berbentuk lapisan-lapisan terlihat pada gambar di bawah ini

Yang merupakan,bagian tanah halus adalah ........

Bahasan:
Tanah merupakan bagian terbesar penyusun kerak Bumi. Kerak Bumi terdiri atas:
a. Lapisan atas, merupakan lapisan yang terbentuk dari hasil pelapukan batuan dan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Lapisan itu merupakan tanah yang paling subur. Lapisan ini biasa disebut tanah humus.
b. Lapisan tengah, terbentuk dari campuran antara hasil pelapukan batuan dan air. Lapisan tersebut terbentuk karena sebagian bahan lapisan atas terbawa oleh air dan mengendap. Lapisan ini biasa disebut tanah liat/tanah halus.
c. Lapisan bawah, merupakan lapisan yang terdiri atas bongkahan-bongkahan batu. Di sela-sela bongkahan terdapat hasil pelapukan batuan. Jadi, masih ada batu yang belum melapuk secara sempurna.
d. Lapisan batuan induk, berupa bebatuan yang padat.

Untuk lebih jelasnya pehatikan gambar berikut:

Comments:

aisyah, 02 Jan 2013:
susah pada soal tentang tanah Like ( 20)
rima, 12 Feb 2015:
Kok susah binggo sih  , gk FAHAM . Like ( 8)
yumna, 25 Apr 2015:
Nggak ngeryi tentang tanah 😛👧👊👋👌👍👎👏👆👇👈👉👐💡💁💁💁👤👥👹👣👠👡 Like ( 8)
neve, 28 Apr 2015:
paling susah tentang tanah bukan yang di IPA menurut gue hahahahaha!!!
menuruk lho....... bagaimana?

Like ( 3)
Stacie Mclaren, 19 Jan 2016:
Kurang lengkappp, kurang rinci, kurang jelas,,,,,, apalah apalah,,,,,.... Like ( 1)
mumun, 19 Jan 2016:
udah bagus kok, makasih infonya... :) Like ( 3)
Intan, 28 Feb 2016:
Makasih buat infonya ya Like ( 0)
tirr, 23 Mar 2016:
Bukannya yang paling halus humus ya? atau bisa disebut tanah yang paling atas yang paling subur. 

Like ( 0)
Rafeh ahmed, 06 May 2016:
@tirr aku setuju samu kamu. bukannya tanah yg paling atas yg paling halus ya Like ( 0)
Shaumi, 21 May 2016:
Kurang lengkap Like ( 0)
Shaumi, 21 May 2016:
Paling benci prlajaran sains Like ( 0)
Shaumi, 21 May 2016:
Ngask suka 😈 Like ( 0)


Soal :IPA/Latihan BSE4-2010-ESWI-8/No.19

Pada saat senar gitar dipetik, udara dalam tabung ikut bergetar sehingga bunyi gitar menjadi ....

Bahasan:

gitar; walaupun sumber bunyinya pada senar, namun kekuatannya bunyinya lebih berasal dari kotak kayunya. Sebab, udara di dalam kotak itulah pelaku resonansi, yang justru lebih kuat daripada sumber bunyi. Sehingga kotak tersebut dinamakan kotak resonator.

Comments:

Titus, 21 May 2016:
Trims (pedang){xxxx}==============>

Like ( 0)


 
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304 305 306 307 308 309 310 311 312 313 314 315 316 317 318 319 320 321 322 323 324 325 326 327 328 329