Bahas Soal

Soal:IPA/EBTANAS 2003/8:
Tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif adalah ........
A.ManggaC.Jagung
B.PisangD.Padi

Jawaban: B

Bahasan @palingpintar.com :

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami terdiri dari:

1.membelah diri
contoh: ganggang hijau


2.spora
Spora merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan. Spora dibentuk dan disimpan di dalam kotak spora yang disebut sporangium. Sporangium pada tumbuhan paku terletak dibalik daun.
Contoh: tumbuhan paku, jamur, suplir, ganggang
*paku tanduk rusa
*suplir
*jamur

3.akar tinggal
Akar tinggal (rizoma) adalah batang yang tertanam dan tumbuh di dalam tanah. Batang tersebut tumbuh secara mendatar dan tampak seperti akar
Ciri-ciri akar tinggal:
- mirip akar tetapi berbuku-buku dan pada ujungnya terdapat kuncup
- pada setiap buku terdapat daun yang berubah menjadi sisik
- pada setiap ketiak sisik terdapat tunas
Contoh: jahe, lengkuas, temu lawak, kunyit, alang-alang dan rumput
*temu lawak
*kunyit

4.umbi lapis
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah: bawang bombay, bawang merah, bawang putih, bunga bakung, bunga tulip
*bawang bombay
*bunga bakung

5.umbi batang
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang adalah: kentang dan ubi jalar
*ubi jalar

6.Umbi akar
Ciri-ciri umbi akar:
- tidak berbuku-buku
- tidak mempunyai kuncup dan daun
- tidak mempunyai mata tunas
Contoh: wortel dan bunga dahlia
*wortel
*bunga dahlia

7.geragih
Geragih (stolon) adalah batang yang menjalar di atas atau di bawah permukaan tanah.
# Contoh tumbuhan bergeragih di atas permukaan tanah adalah arbei, pegagan, semanggi.
*pegagan
*semanggi

# Contoh tumbuhan bergeragih di bawah permukaan tanah adalah rumput teki

*rumput teki

8.tunas
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah: pisang, cocor bebek, bambu, sukun, cemara
*pisang

*cocor bebek

Comments:

180.252.199.199, 30 Mar 2012:
keren banget, nilaiku jadi 100 Like ( 7)
hilmi, 21 May 2012:
yah Like ( 0)
elvie, 13 Aug 2012:
Aku cuma mau bilang kalo tunas pisang beda dgn tunas cocor bebek...
Tunas pisang keluar dari akar sebatang pohon yang menjalar menjadi individu baru,akar ini disebut akar adventif.... Tunas cocor bebek berasal dari tunas-tunas yang ada di ketiak daun.. tunas yang seperti ini disebut tunas adventif... kalo salah bilang yaaa!!!!
Like ( 42)
Iko, 13 Aug 2012:
Trims Elvi atas tambahan penjelasannya..Sumbernya dari mana sih? Like ( 3)
elvie, 14 Aug 2012:
Iya deh,kalo iko bilang gitu..trims juga atas penghormatannya... aku dapet materi itu di segala buku dan tv...

Like ( 2)
RHS IKS, 20 Sep 2012:
HALO TEMAN TEMAN HAI HAYO LAGI NGAPAIN HAYO

Like ( 0)
Yoona seohyun, 25 Sep 2012:
085731725834 Like ( 38)
Ardi, 25 Sep 2012:
Yoona kmarin aq sms aq ajak ktemuan trnyata cntikk  Like ( 1)
keshya, 25 Sep 2012:
masak siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii iiiiiiiiiiiiiiiieeeeeeeee eeeeeeeee Like ( 0)
aislay, 22 Dec 2012:
soalnya kurang jelas,seharusnya hrs dijelasin vegetatif alami ap vegetatif buatan.klu vegetatif alami:tunas(pisang),klu vegetatif buatan:cangkok(mangga).yang jelas dong! Like ( 56)
syeila magfiroh, 06 Feb 2013:
makasih Like ( 0)
zairina fitrian haqi, 20 Apr 2013:

like adja deh

Like ( 21)
K, 04 May 2013:
dikirain mah vegetatif buatan =_=''

Like ( 0)
aqsal, 04 May 2013:
oke Like ( 0)
siti rahmawati, 07 May 2013:
..ohhhh emang tumbuhan vegetatif ,ada tunasnya juga

Like ( 0)
orang, 20 May 2014:
iya kelessssssssszzzzzxxxxxxz zzzzzzzzzz
Like ( 19)
amelia, 15 Aug 2014:
keren aku jadi gak dimarahin guru nih     Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
akusenang punya temanbaik Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
akupuna Like ( 0)
maya, 15 Aug 2014:
aku bernama mayaaku mempunyaikakak bernama lenyandriani akumempunyai ade bernama maharani Like ( 1)

Buat Comment: