Bahas Soal

Soal:IPA/Latihan BSE6-2010-UMIH-2/14:
Tanaman kelapa berkembang biak dengan ...
A. tunas C. biji
B. akar tinggal D. setek akar

Jawaban: C

Bahasan @palingpintar.com :

Kelapa berkembang biak dengan biji, tumbuh di daerah tropika, pada ketinggian 0- 700 meter di atas permukaan laut.

Comments:

203.78.119.101, 29 Nov 2012:
ngawur........ Like ( 29)
zulkifly, 15 Dec 2012:
bukannya kelapa berkembangbiak dengan tunas? lha terus gimana cara memperoleh biji?
Like ( 25)
Iko, 15 Dec 2012:
Yang berkembangbiak dengan tunas contohnya pisang, tumbuh tunas di sebelah tanaman induk. Kalau kelapa ya dari buah kelapanya... Like ( 154)
Nasyila , 16 Feb 2013:
Lho bukannya tunas ya? soalnya kelapakan mirip sama pisang Like ( 62)
Ais, 22 Feb 2013:
Ne yg bener kelapanya kale yaa .......... tunas kelapa, ga ada biji kelapa, o'on Like ( 24)
Anra, 07 Mar 2013:
Admin.. Atau siapapun aku mau tanya kenapa bisa jawabannya biji?? Dimana mana kelapa itu tunas.. Biasanya perkebunan itu nanem tunas kelapa buat bikin pohon kelapa.. Jadi yang mana nih yang tepatnya?  Like ( 19)
Iko, 07 Mar 2013:
Tunas kelapa muncul dari buah/biji kelapa...tunas kacang muncul dari biji kacang..Mereka berkembang biak dengan biji/buah. Like ( 76)
linda, 19 Apr 2013:
menurut sumber yang saya ketahui, kelapa berkembang biak dengan tunas yg sering kita kenal dng tunas kelapa. tlg tunjukkan referensi buku yang mendukung jawaban anda jika kelapa berkembang biak dengan biji. terima kasih
Like ( 15)
nabil, 02 May 2013:
emangnya kelapa punya biji
Like ( 136)
hudy, 27 Aug 2013:
Bener kelapa berkembang biak dengan biji/buah, kalau berkembang biak dengan TUNAS, maka tunas itu akan muncul langsung dari pangkal induk tanaman seperti pohon pisang, tebu dan bambu, sedangkan tunas kelapa muncul dari buah atau biji seperti halnya kacang2an. Tksh Like ( 47)
EL, 06 Dec 2013:
Kelapa berkembang biak dengan biji/buah,

Like ( 61)
-_-_-_-, 08 Dec 2013:
bukannya kelapa tunas???
Like ( 18)
$@!$@, 24 Jan 2014:
banyaj orang bilang kelapa berkembang biak dgn bertunas dalam sains kelapa berkembang biak dengan biji












Like ( 14)
evel, 28 Jan 2014:
saya dengar ada 2 pendapat tentang perkembang biakan pohon kelapa,yaitu tunas dan biji.tapi, kalau menurut saya sih biji.

Like ( 13)
Aulia Endini, 30 Mar 2014:
setau aku sih !! memang kelapa berkembang biak dengan biji :)

Like ( 11)
112.215.66.72, 04 Apr 2014:
           
Like ( 0)
dava, 10 Apr 2014:
  • kelapa itu kan tunas............

Like ( 4)
Anjelita Puspita, 19 Apr 2014:

yang bener itu tunas atau biji ??

Like ( 3)
m ghozi tr, 05 May 2014:

tunasssssss

Like ( 1)
223.164.50.213, 14 May 2014:
HAAAAAA??

Like ( 0)
syofian, 15 May 2014:

OOO...

Like ( 1)
Gandhi, 20 May 2014:
Yang bener itu biji Like ( 3)
nurul, 14 Aug 2014:
biji atau tunas sama aja
Like ( 0)
mamuy, 27 Aug 2014:
tunas kelapa itu lambang pramuka, bukan berarti kelapa berkembang biak dengan tunas. Tanaman yg berkembang biak dgn tunas, tunasnya tumbuh dari pangkal induk tanaman, sedangkan tunas kelapa tumbuh dari biji (batok/sabut kelapa). Oleh sebab itu, kelapa berkembang biak dengan biji/buah, bukan dengan tunas. Lain kali kalo ga ngerti, jangan ngotot apalagi ngomong kasar. Diskusilah dengan cara yang baik Like ( 48)
ninin, 27 Aug 2014:
kalau setauku  biji tumbuh berkeping2 lalu berbentuklah tunas dan saat itu mulai tumbuh akar
tapi ya? GTW
Like ( 2)
ninin, 27 Aug 2014:
biji tunas kelapa itu katanya pertama ditananm kecil makanya disebut biji KATANYA GURUKU.terus lama2 membesar dan disebut tunas tapi itu mah setauku
Like ( 2)
cilik, 09 Sep 2014:
apa jawaban yang bener??????????????????????????????????????????????????
Like ( 3)
202.67.44.70, 12 Sep 2014:
Tunas
Like ( 10)
Anak Sekolah, 02 Oct 2014:
Kurasa biji . Ku kasih tau sebenernya bijinya itu buah kelapa itu sendiri . Terus yang melindunginya itu batoknya / kulit kelapa yang keras . Dan luarnya itu sabut kelapa . jadi buah kelapa jatuh lalu jadi pohon kelapa kayaknya sih gitu aku lihat di wikipedia ( judul Kelapa ).  Like ( 6)
Princess Viana, 13 Oct 2014:
Kalau menurutku sih biji ,ya terserah kalian aja mau biji atau tunas.Kan kalau tunas pasti di sampng tumbuhan induk ada tumbuhan kecil.Terus kalau tumbuhan kecil itu dicabut dapat menjadi tumbuhan baru.Contohnya pisang.
Like ( 1)
Princess Viana, 13 Oct 2014:
Kalau menurutku sih biji ,ya terserah kalian aja mau biji atau tunas.Kan kalau tunas pasti di sampng tumbuhan induk ada tumbuhan kecil.Terus kalau tumbuhan kecil itu dicabut dapat menjadi tumbuhan baru.Contohnya pisang.
Like ( 3)
180.214.233.120, 15 Oct 2014:
Apakah pohon kepala berkembangbiak dengan cara tunas? Like ( 1)
bunga , 20 Oct 2014:
biji 
Like ( 3)
Dukun, 04 Nov 2014:

Sontoloya bikin bingung aj

Like ( 2)
ramdhan, 11 Nov 2014:
yg bener mana sihh ??? jadi bingung Like ( 1)
ramdhan, 11 Nov 2014:
yg bener mana sihh ??? jadi bingung Like ( 1)
rivkah francisca, 04 Dec 2014:
berkembangbiak dengan biji/buah
Like ( 2)
santi, 19 Jan 2015:
DAUNNNNNNNN dan BIJIIIIIIII Like ( 1)
202.67.45.41, 27 Jan 2015:
dengan biji dong! Biji kelapa itu adalah tempurung kelapa Like ( 0)
Farida Hanum S, 27 Jan 2015:
dngan biji dong!!biji kelapa itu adalah tempurung kelapa Like ( 1)
cintyadani , 30 Jan 2015:
TUNASSS 

Like ( 2)
BCA, 30 Jan 2015:
Yg benar yg mana?? -_- Like ( 5)
Yesii Aryantiina, 07 Feb 2015:
setau sy sih tunas.. Like ( 0)
maryani, 11 Feb 2015:
sudah dijelaskanpun dr atas. masih ada juga yg gk nalar. pisang tu yg bertunas ma bambu. kelapa ya biji ibarat sawit itu bkn tunas tp kecambah. 

Like ( 0)
Chelsea, 20 Feb 2015:
  • bukannya kelapa itu tunas ya? gimana dong, benerin yah. saya lihat dibuku memang penjelasannya tunas... 
Like ( 1)
Ghafa, 24 Feb 2015:
Kalo Nggak Biji Tunasnya Dari mana

Like ( 3)
Ery, 09 Mar 2015:
Kalau kelapa tunas coba kalian amati apakah di samping pohon kelapa ada sebuah kelapa kecil kayak pohon piasang apakah ada tunasnya di sampignya. Like ( 96)
Ery, 09 Mar 2015:
Coba kalian lihat kelapa yang sudah tua.Lama kelamaan ada sabuah batang kecil berwarna hijau.Dari situlah kalau pohon kelapa itu sebenarnya berkembang biaknya dengan biju Like ( 64)
Ery, 09 Mar 2015:
Kalau kelapa tunas coba kalian amati apakah di samping pohon kelapa ada sebuah kelapa kecil kayak pohon piasang apakah ada tunasnya di sampignya. Like ( 1)
zamroni, 29 Mar 2015:
Jawaban yang bener apa:O:O:O:O:O
Like ( 0)
Zahra, 11 Apr 2015:

kalo menurut aku, biji :D

Like ( 2)
babe, 21 Apr 2015:
kelapa itu biji ya,,,,, sama seperti kacang,, tunas kacang itu tumbuh dari biji kacang,,,, sedangkan tunas itu langsung muncul dari tubuh induknya,,, seperti pisang, tebu, atau kalau hewan ada hydra,,,,, yang tunas nya langsung muncul dari tubuh induknya,,,, biji kelapa ya kelapanya itu sendiri,,,,, Like ( 2)
DWI ardi arfiansyah, 23 Apr 2015:
hahahahahaha
sing jawab tunas goblok
Like ( 10)
182.11.31.175, 10 May 2015:
!!Yg btul itu tetep biji..!!!! Like ( 0)
182.11.31.175, 10 May 2015:
Kata guruku bgitu... Like ( 1)
Julia A.N., 10 May 2015:
kalo tunas kelapa.. berarti.. kayak pramuka donk.. pasprareta. Sesuai pengalamanku.. yg betul biji lo. Kakk Like ( 2)
Willson, 19 May 2015:
TUNASS, inget pramuka

Like ( 25)
gilbert timothy, 19 May 2015:
tunas mannnnnnnnnnn

Like ( 0)
Julia A.N., 23 May 2015:
Assalamualaikum.. tadi ada yang tnya tentang bji berkeping 2.. biji itu  ada dua jenis.. monokotil dan dikotil. Monokotil berkeping 1, kalo dikotil berkeping 2.. untuk pohon kelapa itu berkembang biak dengan biji ( mungkin bijinya ada dibuah).. dari biji tumbuh jadi tunas.. akhirnya tumbuh tambah gedhe jadi pohon kelapa... ini.. dia.. dari biji jadi tunas.. jangan salah lagi.. yaa.. kakak..smua Like ( 40)
Julia A.N., 23 May 2015:
Wah.. hebat.. 1 soal yang ngoment banyak buaanggett.... gpp.. brarti orang indonesia itu mau musyawarah buat 1 soal.. wkwkwk.. musyawarah cari jawaban soal yg bnar bareng2 yuk... yukk.. yak.. yyyyuuuuukkkkk...... Like ( 4)
Julia A.N., 28 Jun 2015:
!!!!!!!!!!!!!!Biji!!!!BIJI!! Like ( 0)
168.235.196.60, 29 Jul 2015:
tuas ap biji yah ,ulun kdk tau Like ( 0)
Abimanyu, 30 Jul 2015:

Bukannya tunas

Like ( 1)
Sfivi, 01 Aug 2015:
Yang bener yang mana sih....? Like ( 0)
Sfivi, 01 Aug 2015:
Aku pernah denger katanya tunas,ada yang biji juga??? Like ( 0)
sfivi, 02 Aug 2015:
kayaknya biji lho...biji kelapa itu kan kelapa itu sendiri Like ( 1)
???????????????, 03 Aug 2015:

YANG BENER APA!!!!!!!!!!

Like ( 0)
lia, 04 Aug 2015:
!!!!!!!!!BIJI!!!! Like ( 2)
?????, 10 Aug 2015:
Pohon pi sang pakek APA sih 

Bulu ketek,tunas aatau bijiii


Like ( 0)
jawaban , 10 Aug 2015:
Yaitu bulu ketek-,-
Azzzz
Like ( 0)
Saya, 16 Aug 2015:
Ya betul memang dari bijinya... Like ( 0)
Yani, 16 Aug 2015:
Memang biji Like ( 1)
Julia A.N., 23 Aug 2015:
Yang jwb biji bnar tu.. yang jwb tunas brarti sok tau tp salahh...:-D:-):-) Like ( 2)
Lorenzo, 03 Sep 2015:
Apa ini soal aneh di dunia


Like ( 1)
Tina, 06 Sep 2015:

Haduuuhhh..

Like ( 1)
az, 08 Sep 2015:
Yang bener tunas apa biji nih..!!!:-o


Like ( 1)
Qwerty, 17 Sep 2015:
Jawabannya Yang Tunas WOI / Biji




Like ( 122)
Growtopia, 17 Sep 2015:
YANG BENER TUNAS DAN BIJI ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ zzzzzZZZZZZZZZZZZzzzzzzzz zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz zzzzzzzzzZZZZZZZZZZZZZZZZ ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ ZZZZZZZZZZZZ
Like ( 0)
ALDIANSYA fAZA, 17 Sep 2015:
Faza aldiansya
Like ( 41)
cla, 19 Sep 2015:
Ga donk Like ( 0)
114.4.78.204, 19 Sep 2015:
BIJi Like ( 1)
36.80.97.240, 21 Sep 2015:
Yg bener manasih T_T Like ( 1)
Nathan, 30 Sep 2015:
akhirnya setelah 2 menit jawaban saya terjawab.. lol Like ( 3)
51T150F14, 10 Oct 2015:
Biji or tunas?? Like ( 2)
JESIKA, 20 Oct 2015:

TUNAS

Like ( 2)
MEIDA CANTIK, 20 Oct 2015:

ORANG BILANG KELAPA ITU TUMBUH DENGAN                                               TUNAS

Like ( 46)
petani kelapa, 19 Nov 2015:
kata bapakku kelapa tumbuh dari biji
Like ( 1)
Rafi Ahmad Habibi, 24 Dec 2015:
MASA DI RUMAH KU ADA POHON KELAPA TIDAK ADA TUNAS DI SEKELILING  POHON  KELAPA ITU

Like ( 219)
devyta putri, 07 Jan 2016:


Like ( 0)
uyun novita, 18 Jan 2016:
ya menurut aku sih dengan tunas
Like ( 190)
annisa zahra, 31 Jan 2016:
please...
sebenarnya yang benar tunas apa biji ?
Like ( 0)
???????????????/, 22 Feb 2016:
sebenernya kelapa bukan tumbuhan tapi animalia maseuk ke filum mamalia, liat aja di pinkclips.mobi lalu redtube dan bromo.com 

Like ( 1)
??????????, 22 Feb 2016:
yang jawab bertunas itu sebenernya sekolah nggak sih atau nggak pernah ndengerin gurunya kalo dijelaskan mengenai pekembang biakan tumbuhan?  yang jawab bertunas itu sebenernya goblok atau gak pernah belajar sih! yang bener itu kelapa berkembang biak menggunakan biji diulangi menggunakan BIIIIIIIIIIIJJJJJJIIIIIII IIIIIIII! Like ( 1)
??????????, 22 Feb 2016:
yang jawab bertunas itu sebenernya sekolah nggak sih atau nggak pernah ndengerin gurunya kalo dijelaskan mengenai pekembang biakan tumbuhan?  yang jawab bertunas itu sebenernya goblok atau gak pernah belajar sih! yang bener itu kelapa berkembang biak menggunakan biji diulangi menggunakan BIIIIIIIIIIIJJJJJJIIIIIII IIIIIIII! Like ( 1)
103.23.200.102, 24 Feb 2016:
bingung

Like ( 0)
140.0.82.214, 02 Mar 2016:
Di dalam daging kelapa itu ada batok kelapa, dan di dalamnya terdapat biji; jd tdk ada yg slh dgn soal ini. Banyak yg mengatakan kalau kelapa berkembangbiak dgn tunas, tapi sebenarnya kelapa berkembang biak dg biji Like ( 16)
@m4nd@, 10 Mar 2016:
Yg benar kelapa itu berkembang biak dg biji jika org menanam pohon kepala buah kelapanya yg ditanam masa kelapa sama tunas Like ( 2)
aristy, 22 Mar 2016:
kayaknya sih tunas....tpi kan yg ditanem itu kelapanya....jdi biji atau tunas.. Like ( 0)
The cim, 09 Apr 2016:
Seharusnya biji . Habis biji nanti baru tumbuh tunas dah ku coba sendiri Like ( 0)
ADMIN, 13 Apr 2016:
Mohon maaf, saya sekarang menjadi goblog , usaha saya bangkrut,saya di ceraikan . Like ( 104)
ADMIN, 13 Apr 2016:
Dan saya juga stressssssssssssss saya gila Like ( 21)
Cheryl Cyta Casseryn, 10 May 2016:
terserah adek
Like ( 0)
Enzo, 17 May 2016:
gak tau dehhh... cari jawaban aja susah mendingan ke website lain aja  Like ( 0)
Yunita, 11 Jun 2016:
Berarti jawaban yang benar biji nhe......?
Like ( 0)
Eugenio, 02 Aug 2016:
Kelapa itu tunas!!!!!!!!!!!!!!
Like ( 1)
ibu tani, 21 Aug 2016:
Saat kecil bapakku menyimpan buah kelapa yang sdh tua. saat ku tanya untuk apa beliau menjawab untuk bibit. Setiap hari kelapa itu di siram. hem.... baru tumbuh tunasnya Jadi ya biji baru bertunas saudaraku
Like ( 3)
chim2, 07 Sep 2016:
wur ngawurr
Like ( 1)
chim2 yang ke2, 07 Sep 2016:
WUR NGAWUR Like ( 1)
Faith, 09 Oct 2016:
Tapi kata guru saya bukan dengan tunas. Saya di suruh cari tau dulu Like ( 0)
Xiao Fong, 18 Oct 2016:
Ngawur Yang Bilang Kelapa Bertunas...
100 % Buah/Biji, 
Image result for bibit kelapa
Like ( 1)
Xiao Fong, 19 Oct 2016:
Ngawur Yang Bilang Kelapa Bertunas...
100 % Buah/Biji, 
Image result for bibit kelapa
Like ( 1)
Naira Danish, 20 Dec 2016:
Yang Ane dengar.. Kelapa itu dengan biji. Tunasnya itu cuma tahap pertumbuhan doang Like ( 9)
Mahesa Daffa, 02 Feb 2017:
sebenernya biji.meskipun orang sering yg mengatakan kelapa itu bertunas tetapi pohon kelapa nanem pake biji jadi jawabanya C.BIJI SAYA ULANGI JAWABANYA BIIIIJIIII masa tunas yg tunas itu pisang itu setau saya  Like ( 11)
yuvanka aprilia, 10 May 2017:
yang bener itu biji
Like ( 0)
Sains ipa, 16 May 2017:
Kelapa tuh dengan tunas Like ( 0)
Rakasya, 16 May 2017:
Maaf nama saya rakasya setau saya dengan tunas

Aku tanya kelapa punya biji ngga

Like ( 1)
Mahesa Daffa, 18 May 2017:
@Rakasya.  Buah/biji Like ( 0)
Syahida, 29 Jul 2017:
Gue fikir yabg bener itu dngn biji
Klau memang dengan tunas,seharusnya tunas langsung disamping pohon kelapanya kyak pohon pisang.tapi kan klw kelapa buah kelapa yang sudah tua itu yang di airam,dijaga,baru jadi tunas.

Jadi tunas itu cuman tahap pertumbuhannya doang mbak" & mas"

Like ( 0)
Syahida, 29 Jul 2017:
Gue fikir yabg bener itu dngn biji
Klau memang dengan tunas,seharusnya tunas langsung disamping pohon kelapanya kyak pohon pisang.tapi kan klw kelapa buah kelapa yang sudah tua itu yang di airam,dijaga,baru jadi tunas.

Jadi tunas itu cuman tahap pertumbuhannya doang mbak" & mas"

Like ( 0)
hayfa , 03 Aug 2017:
tolong bisa dijelaskan tidak


Like ( 1)
imas, 09 Aug 2017:
jadi yang bener biji ya

Like ( 0)
imas, 09 Aug 2017:
aku ada pr ni jadi yang bener apa ya  Like ( 1)
168.235.194.67, 24 Aug 2017:
U Like ( 0)
Evi trisna, 06 Sep 2017:
Biji lah... Krn kelapa bertunas melalui biji... Emng kelapa tidak berbentuk biji2 an kyak kacang.. Tp dr buah klpa,sabut,batok tu biji nya... Itu mnurut sy... Ntah mnurut kalian Like ( 1)
Ali, 04 Dec 2017:
Ternyata kelapa tidak bertunas, tapi berkecambah

http://aliyulmurtadlo.blogspot.co.id/2017/12/kecambah-kelapa-bukan-tunas-kelapa.html?m=1


Like ( 0)
A6, 06 Dec 2017:
Tunas itu jikalau sdh tumbuh dari buah kelapa, yg mana buah kelapa ada bakal biji, yang akan menumbuhkan tunas
JAWABAN: biji buah kelapa
Like ( 9)

Buat Comment: